Kerja Sama Daerah Untuk Solusi Bersama

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menjadi tuan rumah Forum Kerja Sama Daerah Mitra Praja Utama (MPU) ke-14 dengan pembahasan kali ini mengenai kedaulatan pangan. Tema ini dipilih karena sangat aktual dengan akan diberlakukannnya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tahun depan.

Ilustrasi: Ahok Saat Pembukaan MPU`

Ilustrasi: Ahok Saat Pembukaan MPU

Menurut Kepala Biro Tata Pemerintahan DKI Jakarta Irmansyah, tema kedaulatan pangan ini memang harus bisa diaplikasikann ketika nanti pasar bebas ASEAN diberlakukan. “Jadi dibahas kerja sama konkrit antar pemerintah daerah di dalam forum ini, diantaranya mengenai pemenuhan kebutuhan pangan dari daerah produsen ke daerah konsumen,” ujarnya saat acara MPU di Jakarta, Kamis (27/11).

Gambarannya, daerah yang memiliki konsumsi daging tinggi seperti di Jakarta, Jawa Barat, dan Banten, pemenuhannya dipasok dari daerah produsen seperti di NTT dan Lampung. Dengan begitu, melalui forum ini bisa diwujudkan bentuk kedaulatan pangan. “Kedaulatan pangan beda dengan ketahanan pangan yang bisa impor. Kedaulatan pangan bagaimana upaya kita bersumber dari tempat kita sendiri,” imbuhnya.

Melaui forum ini bisa dirumuskan aneka pemasalahan dan apa saja solusi yang bisa dibuat dengan lintas daerah. Saat ini anggota kerja sama daerah yang tergabung dalam MPU ada 10 provinsi, yaitu Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Bali, Lampung, NTT, dan NTB. Tahun depan ajang ini akan diselenggarakan di Bali dengan tema lain yang berbeda yang umumnya masalah-masalah perkotaan.

housing.estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me