Feng Shui, Rumah Sudut Banyak Keuntungannya!

Big Banner

SolusiProperti.com – Rumah sudut—dimana kavlingnya diapit dua jalan—kurang diminati konsumen properti. Pasalnya, kavling seperti ini dianggap memiliki dua kerugian: pertama, rumah terpotong pada kedua sisinya garis sempadan, sehingga merasa dirugikan. Kedua, rumah sudut dianggap buruk secara feng shui.

Sebenarnya, rumah sudut banyak keuntungan bagi penghuni. Kavling rumah sudut mempunyai dua sandaran, sehingga bisa dipilih arah sandaran dan arah hadap yang disesuai dengan penghuni. Selain itu, fasad bangunan lebih panjang (karena dua sisi), sehingga permukaan bangunan bersinggungan dengan angin. Perlu diingat, Angin atau “Feng” dapat membawa energi Qi/Chi.

Sebagai contoh, sebuah keluarga membeli tanah dengan tanah berorientasi ke Utara-Selatan. Ternyata, yang didapat adalah tanah sudut (hoek), dimana sisi yang panjang menghadap ke Utara sedang sisi yang pendek menghadap ke Barat. Tentu saja arah yang dipilih yang menghadap Utara.

Persoalannya, tempat paling sudut rumah biasanya gelap, apalagi jika sudut ruangan ini terhalang oleh tembok interior. Hal ini dapat terlihat dari contoh berikut ini:

Desain awal yang terlihat pada gambar memiliki kelemahan: sudut Barat Daya menjadi gelap. Demikian juga posisi dari dapur akan menjadi gelap, karena dindingnya tidak berhubungan dengan ruang yang lebih terbuka.

Nah, untuk mengatasi hal ini, maka masalah pokok yang harus diatasi pada rumah sudut adalah dengan membuka sektor paling sudut dari rumah ini sehingga menjadi terbuka. Apalagi dalam perhitungan Fei Xing (Bintang Terbang), sektor Selatan akan memiliki kombinasi bintang yang bagus, yaitu 8*8; dimana menurut teori feng shui, sektor dengan energi Qi positif ini baik jika ditempatkan pemicu (trigger) yang biasanya diwujudkan dalam bentuk water feature, seperti air mancur. Solusi untuk itu tidak lain perlu sudut Barat Daya dirancang sebagai tempat terbuka.

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me