Efisiensi Tipe Satu Kamar

Big Banner

Penataan layout ruang ditujukan untuk mewujudkan kenyamanan pada luasan yang sangat terbatas.

Housing-Estate.com, Jakarta – Show unit apartemen yang dirancang Daniel Hermawan dari Studio 8 (Bandung) ini mengusung gaya desain minimalis modern. Menurut Daniel, apartemen terutama tipe studio, dari segi luasannya sangat memaksakan sehingga segi kenyamanannya seringkali diabaikan. “Tapi mau bagaimana lagi, sekarang tuntutannya seperti itu,” katanya. Selama untuk dihuni sendiri atau untuk pasangan tanpa anak, apartemen tipe itu masih memadai untuk hunian.

“Di Jepang malah ada apartemen bentuknya seperti kapsul yang hanya digunakan untuk tidur, karena sehari-hari penghuninya ada di luar rumah,” ungkapnya. Yang lebih penting juga adalah gaya hidup penghuni, yang harus menyesuaikan diri dengan unit apartemennya yang mungil. Misalnya, tidak semua barang bisa dimasukkan ke rumah yang menyebabkan hunian seperti gudang.

Unit hunian tipe studio ini ditawarkan di apartemen Gateway (5,5 ha) yang dikembangkan di Jl Gunung Batu, Bandung. Tahap pertama memasarkan empatower: Ruby, Jade, Topaz, dan Diamond, mencakup ratusan unit hunian. Tower Ruby dan Jade masih menyisakan 15 unit, tower Topaz sudah terjual 60 persen. Semuanya menawarkan hunian tipe studio sampai tiga kamar (1–3 BR) (tipe 1 BR dengan luas kotor 31 m2).

Desain minimalis diusung pada unit contoh tipe studio, karena dinilai paling cocok untuk gaya hidup di apartemen yang simpel dan kompak. Dengan tinggi plafon 2,5 m, penataannya tidak banyak menggunakan pernik dan aksen sehingga dari segi maintenance juga lebih mudah dan murah. “Kendati minimalis, pemilihan material, corak, warna, dan ornamen dekoratif lainnya tetap variatif, supaya tetap terkesan mewah dan hommy,” kata Daniel.

Ada juga unit contoh pada tipe 2 dan 3 BR. Secara umum desainnya juga simple modern tapi dengan kekhasan dan penekanan berbeda. Kalau pada tipe 1 BR penekanannya pada desain yang kompak untuk menyiasati ruang yang kecil, tipe 2 BR dirancang bernuansa (warna) agak gelap untuk menonjolkan kehangatan dan kemewahan, dan tipe 3BR bernuansa semiklasik untuk kalangan yang lebih mapan dan dewasa. Berikut detail desain tipe 1 BR yang mungkin bisa menjadi inspirasi Anda sebagai warga urban.

Pages: 1 2 3

housing.estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me