Fingerprint Doorlock ZKTeco Kunci Pintar Berbasis Sidik Jari

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Seiring tuntutan keamanan hunian yang makin tinggi, kebutuhan produk pengaman rumah yang canggih juga meningkat. Karena itu belakangan ditawarkan teknologi kunci elektronik biometric yang mengidentifikasi manusia berdasarkan karakteristik fisiologis dan perilakunya.

Saat ini yang populer kunci elektronik biometric yang mengandalkan karakteristik sidik jari pemilik atau penghuni rumah sebagai kontrol akses. Jadi, penghuni cukup menempelkan sidik jari pada sistem elektronik kunci sebagai identitas untuk membuka atau menutup pintu. Teknologi akses sidik jari ini sudah lazim diterapkan pada mesin absensi karyawan di gedung perkantoran.

Fingerprint Doorlock ZKTeco

Fingerprint Doorlock ZKTeco

Salah satu sistem kunci pintu elektronik yang menggunakan sidik jari (finger print doorlock) adalah ZKTeco yang dipasarkan PT ZKTechnology. “Sistem identifikasi sidik jari pada sistem kunci pintu elektronik lebih akurat, dengan verifikasi paling mudah dibanding sistem biometrik lain. Selain itu sangat kecil kemungkinan kunci bisa diduplikasi mengingat sensor pada sistem ini juga makin canggih,” kata Supardi Tan, CEO PT ZKTechnology.

Ia bahkan mengklaim, produk berteknologi Jerman yang diproduksi di Cina ini merupakan intelligent electronic lock. “ZKTeco bukan sekedar kunci pintu otomatis, melainkan kunci pintar yang dilengkapi dengan fitur-fitur istimewa untuk kemudahan, kenyamanan, dan keamanan penghuni rumah,” ujarnya.

ZKTeco dilengkapi fungsi time of zone, sistem pengaturan akses keluar masuk berdasarkan waktu tertentu. Misalnya, pintu yang menggunakan ZKTeco hanya bisa diakses pada jam 5 pagi hingga jam 10 malam. Fitur lain adalah group time of zone yang mengelompokan banyak pengguna (pemilik sidik jari) seperti grup keluarga dan teman dekat. Terakhir fitur visitor mode yang membuat pintu selalu terbuka (unlock) dan membuat siapapun bisa masuk.

Sebagai pendukung (back up) ZKTeco juga bisa dibuka dengan kunci dan kata kunci (password). Jadi, jika pemilik rumah bermasalah dengan tangannya yang membuatnya tidak bisa mengakses kunci, ia bisa membuka pintu dengan kunci dan kata kunci. ZKTeco mampu menampung hingga 500 sidik jari. Tiap orang bisa memasukkan 10 sidik jari. Sebelum mendaftarkan sidik jari tangan, pastikan yang dipilih adalah jari dengan keadaan permukaan kulit yang baik dan tidak terluka.

ZKTeco didesain mengikuti gaya modern dengan pegangan pintu bermaterial stainless steel, dan panel berupa plat yang dilapisi hard coating agar tidak mudah lecet. Cocok untuk pemakaian di rumah tapak (landed house) dan apartemen. Menggunakan baterai AA, kunci akan memberikan sinyal bila baterai akan habis. ZKTEco juga dilengkapi perekam data yang dapat diakses dengan USB sehingga dapat mendeteksi frekwensi keluar masuk orang. Perekam bisa menyimpan hingga 30.000 frekwensi. Produk tersedia dalam tipe L5000, L4000, dan L7000 seharga Rp2,5 juta, dan tipe L9000 seharga Rp3,4 juta, yang bisa diperoleh di distributor kunci di kota besar dengan garansi satu tahun.

Sumber: Majalah HousingEstate

Dapatkan Majalah HousingEstate di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer) atau Unduh versi digitalnya WayangForce, Scoop & Scanie.

housing.estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me