Pembeli Apartemen, Tahukah Anda Arti Sinking Fund?

Big Banner

Sinking Fund dikelola sepenuhnya oleh PPRS dan bebas dari campurtangan pengembang

 

 

Maraknya kehadiran apartemen di berbagai kota di Indonesia, khususnya Jakarta dan sekitarnya, adalah pertanda bahwa orang Indonesia sudah mulai akrab dengan hunian jangkung ini. Apalagi, apartemen kini bukan lagi barang mewah malah menjadi solusi bagi mereka yang sudah tak sanggup membeli rumah tapak di dalam kota.

 

Namun, apakah Anda tahu jika berbagai jebakan tarzan justru tersimpan di dalam keputusan Anda membeli apartemen, bila sebagai konsumen Anda tidak mengetahui hak-hak Anda? Bagaimana konsekwensi yang Anda hadapi jika pada batas usia ekonomis sebuah bangunan apartemen maka gedung itu harus dirubuhkan?

 

Benyamin Ginting, properti analis yang juga pengajar pada Panangian School of Property kepada Rumah123.com hari ini mengatakan, pengembang memiliki kewajiban untuk memberitahu apa saja tanggungjawab dan kewajiban dari pemilik unit apartemen.

 

“Seperti sinking fund yang menjadi tanggungjawab pemilik atau penghuni agar nanti ketika apartemen itu dirobohkan atau dibongkar karena habis usia ekonomisnya, sekitar 30 tahun, dana tersebut dapat digunakan untuk membangun kembali.”

 

Menurut Benyamin, konsumen apartemen harus menyadari betul bahwa  ada banyak konsekwensi dari kepemilikan apartemen. Hal ini untuk mengurangi persoalan yang muncul antara pemilik unit apartemen dengan pengelola. Asal tahu saja, beberapa kasus sudah mencuat bahkan berakhir di pengadilan, antara pemilik unit dan pengelola. (Foto: Istimewa)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me