OJK Terbitkan Aturan Baru Tentang Pembiayaan Rumah

Big Banner
JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menerbitkan Peraturan OJK Nomor 23/POJK.04/2014. Dalam Peraturan OJK tersebut diatur mengenai pedoman penerbitan dan pelaporan efek beragun aset berbentuk surat partisipasi dalam rangka pembiayaan sekunder perumahan (POJK EBA SP).

Dengan adanya peraturan baru tersebut, memungkinkan EBA SP dipasarkan oleh perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan sekunder perumahan pada 2015.

Deputi Komisioner Pengawasan Pasar Modal I, Robinson Simbolon, mengungkapkan saat ini sudah ada satu perusahaan pembiayaan perumahan yang akan menerbitkan produk tersebut.

“PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) sudah datang ke kami dan menunjukkan keseriusannya melakukan penerbitan EBA SP,” ungkapnya di Kantor OJK, Jakarta, Senin (1/12/2014).

Menurut dia, POJK ini diatur aspek keterbukaan dari penerbitan EBA SP termasuk governance EBA SP. Dia menjelaskan, POJK EBA SP mengatur aspek keterbukaan dari penerbitan EBA SP termasuk governance-nya seperti peran wali amanat untuk mewakili pemegang EBA SP.

“Juga peran KSEI sebagai agen pembayaran pokok dan bunga EBA SP serta keberadaan RUPS Pemegang EBA SP,” tukasnya.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me