Jelang Natal dan Tahun Baru, KAI Tambah Rangkaian Kereta

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Menjelang Hari Raya Natal dan tutup tahun 2014, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyiapkan kereta api tambahan untuk tujuan ke sejumlah kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur  terkait lonjakan penumpang menjelang libur akhir tahun. “Ada tujuh rangkaian kereta tambahan untuk mengantisipasi penumpang menjelang libur Natal maupun tahun baru,” ujar Kepala Humas Daerah Operasional (Daops) I PT KAI Agus Komarudin di Jakarta, Senin (8/12).

Ilustrasi

Ilustrasi

Ke tujuh rangkaian kereta tambahan ini terdiri dari kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi untuk menambah tujuan Cirebon, Kutoarjo, Solo, dan Madiun dengan jadwal pengoperasian pada waktu yang berbeda. Misalnya kereta eksekutif Argo Lawu tujuan Solo akan dioperasikan mulai 19-25 Desember, kereta api Dwipangga tujuan Solo 27-31 Desember, dan kereta api Ekspress jurusan Cirebon 20-28 Desember.

Sementara kereta api eksekutif Argo Jati jurusan Cirebon akan dioperasikan mulai 22-29 Desember, kereta ekonomi tujuan Kutorejo dan Madiun akan dioperasikan tanggal 20-31 Desember. “Total ada 3 ribu seat dari kereta tambahan ini dan hingga saat ini tiket yang sudah terjual mencapai 80 persen,” imbuh Agus.

Selain kereta api, Terminal Kampung Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur juga bersiap untuk menyambut lonjakan penumpang di akhir tahun ini. Menurut Kepala Regu Unit Pengelola Terpadu (UPT) Terminal Kampung Rambutan M. Tampubolon, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 700 bus.

“Ini untuk keberangatan sekitar seribu penumpang per hari. Jika kurang kami sudah minta pengusaha PO untuk menambah armadanya. 700 bus ini akan dibagi menjadi tiga shift mulai jam 7 pagi hingga jam 3 sore untuk tujuan Pulau Sumatera, Jawa, Bali, dan sekitarnya. Belajar dari tahun lalu, total penumpang mencapai 21 ribu, tahun ini kita prediksikan 25 ribu orang,” katanya. Sementara itu di Terminal Pulogadung, Jakarta Timur, disiapkan sebanyak 550 armada untuk kapasitas 11 ribu penumpang.

housing.estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me