Inilah Konsep Rusunawa Ciliwung Ala Djan Faridz

Big Banner

Jakarta – Rencana pemerintah untuk merelokasi kawasan padat penduduk kumuh di sepanjang bantaran sungai Ciliwung segera teraliasasi tahun Ini. Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz menyatakan lembaganya telah memiliki konsep tersebut. “Konsepnya 24 lantai yang terintegrasi,” ujarnya, Sabtu, 9 Februari 2013.

Ingin tahu bagaimana konsep tersebut? Beginilah penjelasan Ketua Pengurus Nadhlatul Ulama (NU) Wilayah DKI Jakarta ini. Untuk lantai dasar, yang berhubungan langsung dengan aktifitas warga, akan difokuskan untuk pembangunan sejumlah sarana transportasi, bis dan pasar tradisional.

“Bawahnya itu kita usahakan ada stasiun bis, bangun pasar tradisional, seperti sayuran, daging, ikan murni seperti pasar tradisional, tidak boleh pasar modern,” ujarnya.

Banyaknya luas lahan pemukiman kumuh yang ditertibkan kata Djan, memungkinan Pemerintah untuk membuat sarana pendidikan seperti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Sekolah Dasar (SD). “Untuk SMP dan SMA mungkin bisa menggunakan sekolah terdekat,” kata dia.

Ia menyatakan, desain utuh mengenai pembangunan rusun sudah selesai, namun hingga kini belum teralisasi menunggu turunya Keputusan Presiden (Kepres) sebagai payung hukum pembangunan. “Gambaranya sudah ada, tinggal pelaksanaan saja,” kata dia.

JAYADI SUPRIADIN

properti.tempo.co

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me