Hongkong& Tiongkok-Kota Dengan Harga Properti Termahal Di Asia

Big Banner

Survei terbaru CBRE “The Global Living Survey: Global Cities Compared” menyatakan bahwa Hongkong dan Tiongkok adalah kota dengan harga properti termahal di Asia atau nomor dua di dunia.

Apa penyebabnya? Pada bulan November lalu harga properti Hongkong terus melonjak dengan angka tertinggi. Predikat kota dengan properti termahal ini juga mengacu pada harga properti di dua kota yang mencapai  3.290 dollar AS per kaki persegi.

Lalu bagaimana dengan negara tetangga kita Singapura? Negara tempat para investor properti berkumpul ini berada di peringkat  kedua. Harga properti disini mencapai 1.605 dollar AS per kaki persegi.

Selanjutnya berdasarkan harga properti terbaru di Tokyo, Jepang, yang berada di kisaran 1,380 dollar AS per kaki persegi maka Tokyo, berada di posisi ketiga tertinggi.

Kepala Riset CBRE Tiongkok, Hongkong, dan Taiwan, Marcos Chan, mengungkapkan, ada kenaikan harga di pasar utama sebagai imbas dari menguatnya permintaan. Selanjutnya, menguatnya permintaan diakibatkan praktik spekulasi menjadi berkurang karena kebijakan yang diambil pemerintah, termasuk bea meterai yang menguntungkan pembeli pertama dan juga rendahnya suku bunga kredit.

Faktor lainnya adalah meningkatnya sentimen yang berkaitan dengan kegiatan pasar modal baru-baru ini juga telah mendorong pasar properti

Menurut data dari Centaline Property Agency, index harga properti Hongkong naik 0,23 persen menjadi 130,46 pada pekan lalu. Kenaikan ini menjadi rekor tertinggi dengan pertumbuhan year to date  9,6 persen.

Lalu selain Hongkong, Singapura dan Tokyo, ada tujuh kota utama dunia lainnya yang juga menjadi pilihan favorit para kalangan jetset atau ultra high networth individuals untuk investasi properti. Kota-kota tersebut adalah Paris, Sydney, London, New York, Los Angeles, Mumbai, Milan dan Roma.

 

 

Santhi/Journalist/VM/VBN

Editor: Tania Tobing

vibiznews.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me