Korban Longsor Banjarnegara Akan Dibuatkan Rumah

Big Banner
JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PU-Pera) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan membangun 147 unit rumah untuk korban longsor Banjarnegara.

“Kemarin saya sudah ke Banjarnegara, jalan-jalan sudah terbuka. Tapi ada dua titik yang longsor. Ternyata bukan hanya desa Jemblung yang kena bencana, tapi juga desa Pencil. Jadi total ada 147 yang harus direlokasi kita bangun rumah,” kata Menteri PU-Pera Basuki Hadimuldjono di gedung Kementerian PU-Pera di Jakarta, Selasa (23/12/2014).

Dia mengatakan, para korban tersebut akan dibangunkan rumah yang bernama RISHA (Rumah Instan Sehat Sederhana). Untuk itu, pihaknya akan bekerja sama dengan BNPB untuk pembelian tanah dan rumah.

“Tanahnya sudah ada, kalau memang harus dibeli akan kami beli tanahnya. RISHA itu cuma butuh dua minggu untuk dibangun. Rumah ini permanen, jadi seperti rumah untuk korban Tsunami di Aceh waktu itu,” ucapnya.

Basuki menyebut, rumah RISHA ini nantinya akan dibangun dengan tipe 36 dengan dana 100 juta per rumah di luar lahan. Namun untuk sementara ini, para korban longsor tinggal di rumah-rumah penduduk yang disewakan.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me