Cicilan Bertahap, Solusi Pengembang dan Konsumen Siasati LTV

Big Banner

Cara ini membantu konsumen atau investor properti serta pengembang

 

Banjir tawaran pengembang untuk membeli properti dengan pola cash bertahap atau dikenal juga dengan KPR Developer, kini hadir di mana-mana. Bahkan, properti yang tidak memberikan opsi ini, bisa disebut ketinggalan dan tidak peka terhadap kondisi pasar yang sekarang cenderung berat. Konsumen pun tergiur, ketimbang urusan dengan KPR yang butuh waktu dan dokumen-dokumen pendukung, pola cash bertahap lebih simple. Meski harus membayar bunga sedikit lebih mahal dibanding KPR dari bank, pola ini punya daya tarik tersendiri.

 

“Ya setidaknya konsumen yang ingin membeli rumah kedua, ketiga dan seterusnya secara kredit atau mencicil, punya pilihan untuk terhindari dari aturan loan to value yang membebankan uang muka dengan kenaikan secara proporsional, sesuai dengan rumah keberapa yang hendak dibeli,” ungkap Panangian Simanungkalit kepada Rumah123.com, pekan lalu.

 

Tidak hanya bagi konsumen. Pola ini pun merupakan kreasi pengembang untuk lepas dari pelambatan penjualan akibat aturan LTV. Terutama bagi kawasan-kawasan yang menjadi bidikan investor karena kenaikan harga properti yang tinggi. Pasalnya, di kawasan seperti ini properti kerap diburu oleh investor yang sudah memiliki rumah lebih dari satu unit.

 

“Dengan sistim pembayaran cash bertahap, properti yang dijual pengembang pun lebih cepat terjual. Jadi cara ini membantu konsumen atau investor properti, tetapi juga memberikan dampak positif bagi para pengembang,” ujar Chairman Panangian School of Property ini. (Foto: Ferdinand Lamak)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me