Jakarta Peringkat Kedua Asia Pasifik untuk Investasi Properti

Big Banner

KOMPAS.com – Indonesia, dengan Jakarta sebagai acuan terus menikmati popularitasnya sebagai destinasi investasi sektor properti paling diburu di kawasan Asia Pasifik, setelah Tokyo, Jepang.

Dalam survei Emerging Trends in Real Estate Asia Pacific 2015, hasil kerjasama Urban Land Institute (ULI) dan PricewaterhouseCoopers (PwC), untuk kategori Investor Prospect Ranking, Jakarta berada di atas Osaka, Sydney, Shanghai, dan Melbourne.

Peringkat Jakarta tahun ini lebih baik ketimbang tahun lalu yang berada di tempat ketiga setelah Tokyo, dan Shanghai. Sementara pada tahun 2013, Jakarta justru menjadi pemuncak, mengungguli Shanghai, Singapura, dan Sydney.

Menurut salah seorang investor yang disurvei ULI dan PwC, Indonesia merupakan pasar yang terus berkembang, sama seperti tahun sebelumnya. Pemerintahan baru yang dipimpin Joko Widodo, memberikan harapan untuk menarik lebih banyak lagi investasi asing di sektor properti.

Meski demikian Indonesia masih punya masalah mendasar seperti halnya negara berkembang lainnya macam Filipina. Di satu sisi pertumbuhan ekonominya terbilang kuat, di sisi lain risiko bisnis masih tetap tinggi, serta kurangnya transparansi.

Bahkan, pengembang dan pengelola keuangan yang berbasis di Singapura, berani menyatakan bahwa sangat sulit mendapatkan kepastian untuk berbisnis. Ibaratnya, butuh waktu lama untuk mendapatkan orang yang tepat diajak berbisnis. Demikian halnya dengan pengurusan perizinan, pebisnis dan investor harus tahu pasti dengan siapa memulai bisnis.

Lepas dari itu, dibanding kota lain, Jakarta mengalami pertumbuhan luar biasa. Harga tanah untuk perumahan dan kantor melonjak 11,6 persen dan 8,3 persen secara tahunan pada semester pertama 2014. Sementara untuk harga hunian mewah mulai melambat sejak awal tahun ini.

Seluruh sub sektor properti mengalami pertumbuhan permintaan. Hal ini ditandai dengan tingginya tingkat serapan dan performa penjualan. Sehingga menyisakan rendahnya tingkat kekosongan pada perkantoran, pusat belanja, dan juga kawasan industri.

Survei Emerging Trends in Real Estate Asia Pacific 2015 merupakan peringkat tahunan investasi dan tren pengembangan properti yang didasarkan pada pendapat dari 385 profesional properti populer seperti investor, pengembang, perwakilan perusahaan properti, pemberi pinjaman, broker dan konsultan.

Berikut peringkat lengkap Investor Prospect Rankings Emerging Trends in Real Estate Asia Pacific 2015:

1. Tokyo
2. 
Jakarta
3.
Osaka
4. Sydney
5. Melbourne
6. Shanghai
7. Seoul
8. Manila
9. Singapura
10. Beijing
11. Mumbai
12. Kuala Lumpur
13. Ho Chi Minh
14. New Delhi
15. Auckland
16. Bangkok
17. Bangalore
18. Taipei
19. Shenzen
20. Guangzhou
21. Hongkong
22. Kota sekunder di Tiongkok

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me