Ini Dia 5 Sebab Kemacetan Menular ke Pinggir Jakarta

Big Banner

Inilah pemandangan salah satu titik macet di Bekasi

 

Macet dimana-mana! Itu fakta yang sudah menjadi keseharian warga Jakarta. Tidak siang, tidak malam, kecuali larut malah hingga dinihari. Namun, kondisi ini mulai menulari kaum komuter di wilayah Bodetabek, di kawasan perumahan dimana mereka tinggal. Meski tidak semua, sejumlah wilayah kini mulai merasakan bagaimana parahnya tingkat kemacetan mirip Jakarta. Pertanyaannya, apa penyebab kemacetan di pusat kota Jakarta, kini menyebar ke kawasan pinggir.

Dalam penelusurannya di sejumlah kawasan di Bekasi Timur, Depok, Cibinong – Bojong Gede, Ciputat – Cinere, hingga Sawangan-Parung menemukan sejumlah sebab yang nyaris sama antara satu dengan lainnya. Berikut sebab-sebab dimaksud:

Kondisi jalanan yang rusak

Musim hujan begini, kerusakan jalan pun semakin parah, apalagi di daerah pinggir Jakarta yang notabene kwalitas jalan aspalnya pun tidak bagus. Akibatnya, kemacetan menjadi pemandangan sehari-hari di sejumlah kawasan pinggir Jakarta. Tengok saja di wilayah Depok, Citayam dan Bekasi Timur.

Populasi makin tinggi

Pertumbuhan kendaraan yang tinggi di kawasan pinggir pun menjadi salah satu akibat fundamental dari kemacetan yang di sana. Ini disebabkan oleh tumbuhnya sentra-sentra pemukiman baru di kawasan ini, apalagi yang berdekatan dengan akses transportasi seperti pintu tol dan stasiun kereta api.

Keberadaan pusat perbelanjaan baru

Keberadaan pusat perbelanjaan di sebuah kawasan, apalagi yang sama sekali belum memiliki fasilitas seperti pusat belanja atau hipermarket, menjadi berkat sekaligus momok tersendiri bagi kawasan itu. Tengok saja apa yang terjadi dengan lalu lintas di kawasan Pemda Bogor – Cibinong. Keberadaan Cibinong City Mall di mulut jalan akses ke Pemda Cibinong, telah membuat arus lalu lintas, dari dan ke arah bogor selalu tersendat, tidak hanya akhir pekan namun juga hari biasa.

Pengerjaan jalan atau parit jalan

Masih ingat kecelakaan yang menimpa sejumlah orang di Jl. Raya Transyogi, Cibubur pada akhir tahun lalu? Gara-gara terbukanya galian kabel di sepanjang jalan itu, sejumlah orang mengalami kecelakaan akibat terjatuh dari sepeda motor. Demikian pula galian parit di sepanjang Jalan Raya BSD beberapa waktu lalu yang membuat arus lalu lintas dari dan ke Serpong lewat ruas jalan itu selalu macet.

Lebar jalan yang sempit

Satu lagi hal yang menyebabkan kemacetan di kawasan pinggir semakin parah adalah sempitnya lebar jalan yang menyebabkan setiap pengendara sepeda motor harus melambatkan lajunya yang pada akhirnya menyebabkan kemacetan. (Foto: Istimewa)

rumah123.com