Tren Berburu Rumah Secara Online Makin Digemari

Big Banner

tren berburu rumah secara onlineProperti – Di negara-negara berkembang seperti Indonesia, tren berburu rumah telah beralih dari offline ke online. Berdasarkan survei yang diadakan situs jual-beli properti Lamudi, 96 persen dari agen real estate lokal kerap menggunakan internet untuk mencari properti, sedangkan sisanya mengatakan hanya beberapa kali saja.

Bisa dikatakan, sebagian besar pasar real estate Indonesia memang telah beralih ke online. Terbukti dengan intensitas para broker lokal, yang cenderung mengiklankan properti melalui internet dibanding cara-cara lama. Tiga per empat dari broker tersebut mengaku memasang iklan secara online, hanya 14 persen saja yang masih beriklan di surat kabar.

Tren pencarian properti online ini didukung percepatan pertumbuhan di sektor internet. Berdasarkan statistik dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pemakai internet mencapai 71.190.000 pada tahun 2013. Artinya, terdapat peningkatan 13 persen dari 63 juta pengguna di tahun 2012. Seperti negara-negara berkembang lainnya, pengguna internet di Indonesia meningkat seiring dengan jangkauan broadband dan jaringan yang lebih baik.

Sekarang, tingkat penetrasi internet di negeri ini berkisar 29 persen dari total penduduk. Dengan potensi pasar yang cenderung meningkat, International Telecommunication Union menargetkan 50 persen pengguna internet pada tahun 2015, yakni kurang lebih 125 juta orang. Semakin banyaknya orang beralih ke internet, eksistensi web akan kian penting dalam kehidupan sehari-hari. Hampir seluruh responden dalam survei Lamudi percaya bahwa internet akan lebih banyak digunakan dalam proses berburu properti pada dekade mendatang.

h3>Artikel Terkait

propertynbank.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me