Harga Meningkat, Properti Residensial Tetap Diincar

Big Banner

Bank Indonesia (BI) melaporkan bahwa indeks harga properti residensial pada triwulan keempat 2014 mengalami pertumbuhan mencapai 1,54 persen. Angka ini lebih tinggi daripada pertumbuhan triwulan sebelumnya yang hanya 1,46 persen. 

Terkait hal tersebut angka volume penjualan properti pada triwulan keempat 2014 sebesar 40,07 persen, juga meningkat secara signifikan dari yang hanya 33,69 persen pada triwulan sebelumnya. Sedangkan pada triwulan pertama tahun ini, berdasarkan hasil Survei Harga Properti Residensial (SHPR), harga properti residensial diprediksi akan tumbuh 0,89 persen. 

Selain itu, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara mengatakan bahwa pertumbuhan harga yang meningkat terjadi pada semua tipe rumah, terlebih rumah tipe besar. Namun menurut Tirta Segara, walaupun pertumbuhan harga meningkat, tetapi volume penjualan properti hunian residensial tetap akan menunjukkan kinerja yang positif di pasar. 

“Meskipun pertumbuhan harga meningkat, volume penjualan properti residensial masih menunjukkan kinerja yang positif,” ujar Tirta, seperti informasi yang diterima Rumahku.com

Sementara itu, sumber pembiayaan konsumen ketika membeli properti masih didominasi oleh pembiayaan dari perbankan. Sebanyak 72,20 persen responden memanfaatkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sebagai fasilitas pembiayaan dalam pembelian properti residensial, khususnya pada rumah tipe kecil. 

 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me