Pembangunan Jalan Tol Trans Jawa Terkendala Biaya Pembebasan Lahan

Big Banner

Lambatnya perkembangan pembangunan jalan tol trans Jawa terkendala biaya pembebasan lahan. Akibatnya sembilan ruas jalan proyek tol tersebut belum juga rampung hingga saat ini karena biaya yang dibutuhkan mencapai Rp5,3 triliun. 

Namun Sri Sadono, Kepala Seksi Pengadaan Tanah Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) mengatakan bahwa pihaknya optimis jika proses pembebasan lahan dapat beres pada tahun ini karena segala beban akan ditanggung oleh APBN. 

“Saat ini, sudah ada perubahan Peraturan Kementerian PU dan Perumahan Rakyat dimana kini lahan yang akan digunakan sebagai lokasi pembangunan jalan tol pada APBN. Anggaran yang dibutuhkan untuk pebebasan lahan, RP 5,3 triliun,” ujar Sri, seperti informasi yang diterima Rumahku.com

Sebelumnya, segala beban biaya untuk pembebasan lahan ditanggung dalam modal usaha. Namun, kini semuanya itu akan ditanggung oleh APBN dan juga Pemda setempat. Sehingga Sri Sadono berharap pembangunan tol trans Jawa dapat segera dibangun dan targetnya dapat selesai tahun ini.

 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me