Pemerintah Bantu Uang Muka Rp4 Juta, Program 1 Juta Rumah Dimulai April

Big Banner

Pemerintah telah sepakat menjalankan program pembangunan satu juta rumah murah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dengan uang muka pembayaran hanya satu persen dan cicilan lima persen pada April mendatang. Pemerintah juga akan memberikan uang tunai Rp4 juta untuk menambah uang muka tersebut.  

“Jadi kita memberikan uang muka satu persen dari harga rumah, ditambah 4 juta rupiah cash untuk membantu membayar uang muka,” ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimulyono, seperti informasi yang diterima Rumahku.com.  

Sementara itu untuk suku bunga kredit pemilikan rumah (KPR), pemerintah menurunkannya dari 7,5 persen dari harga rumah menjadi 5 persen saja. Menteri Basuki menambahkan bahwa program rumah tersebut selain dapat menggunakan sistem KPR melalui bank, juga dapat menggunakan fasilitas kredit usaha rakyat (KUR) bagi mereka yang tidak punya akses ke bank.  

Dengan segala kemudahan dan bantuan yang diberikan oleh pemerintah, program rumah murah ini lebih terjangkau bagi masyarakat yang kurang mampu. Untuk itu, pada April mendatang pemerintah akan mulai menjalankan program 1 juta rumah tersebut. 

“Ini akan kita groundbreaking pada April dan sudah siap semua. Lahannya sudah siap, pembiayaannya sudah siap, pendanaannya sudah siap,” jelasnya. 

Sebanyak 600 ribu unit rumah bagi MBR akan menggunakan dana APBN Kementerian PU-Pera dan FLPP Kementerian Keuangan. Tercatat pula 98 ribu unit rumah akan menggunakan dana APBN DIPA. Sementara itu pihak Perum Perumnas, Bapertarum, BPJS, REI akan mendanai untuk 500 ribu unit rumah. 

 

 

 

 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me