Anggaran Sudah Disiapkan, Pemerintah Bantu Uang DP Untuk Kredit Rumah

Big Banner

Pemerintah segera membangun sejuta rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) tahun ini, dengan uang muka yang murah dan bunga kredit yang ringan serta flat. Untuk itu pemerintah menyiapkan fasilitas pembiayaan rumah yang baru agar sejuta rumah tersebut benar-benar dinikmati oleh masyarakat penghasilan rendah.

Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) yang disiapkan pemerintah tersebut terdiri dari menetapkan uang muka kredit rumah hanya 1 persen dengan bunga kredit fixed 5% setiap tahunnya untuk masa kredit 15-20 tahun. Selain itu dalam FLPP juga pemerintah akan membantu menambah bantuan uang muka Rp4 juta.   

Ketentuan bagi masyarakat berpenghasilan rendah menurut program pemerintah ini yakni masyarakat yang memiliki pekerjaan formal penghasilan dibawah Rp4 juta yang ingin membeli rumah tapak dan juga masyarakat yang memiliki pekerjaan formal penghasilan dibawah Rp7 juta per bulan bagi yang membeli rusun.  

Untuk mendukung program bantuan pemerintah ini nantinya akan menggunakan sistem Kredit Perumahan Rakyat (KPR) melalui bank dan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR). Mengenai anggaran yang disiapkan pemerintah untuk membangun perumahan rakyat ini sudah dianggarkan   sebesar Rp5,1 triliun dalam APBN-P 2015  yang sudah disahkan DPR.

Dan mengenai program bantuan menambah uang muka sebesar Rp4 juta juga sudah dianggarkan pemerintah dalam APBN tersebut sebesar Rp?220 miliar. Dengan adanya program ini tidak tertutup kemungkinan akan muncul MBR palsu yang akan menyalah gunakan hak sebagai hak MBR, karenanya Presiden pun sudah mengantisdipasinya dengan berbagai peraturan baik dari Kementrian Keuangan maupun Kementrian Agraria.

 

 

Joel/ VMN/VBN/Senior  Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

 

 

 

vibiznews.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me