IKEA Luncurkan Furnitur Pengisi Daya “Smartphone” Tanpa Kabel

Big Banner

KOMPAS.com — Baterai ponsel yang lemah atau habis sering bikin kesal para penggunanya. Tentu saja, karena kini, kebanyakan orang sangat bergantung pada smartphone mereka, mulai dari bekerja hingga gaya hidup sosial.

Dengan banyaknya aplikasi yang digunakan, seperti layanan video, permainan, berita, dan lokasi, pengisian daya tanpa kabel pada furnitur atau benda-benda lainnya, merupakan inovasi yang paling dibutuhkan.

Menjawan kebutuhan tersebut, produsen furnitur asal Swedia, IKEA meluncurkan rangkaian furnitur baru yang diklaim bisa mengisi daya beberapa gadget nir-kabel. IKEA mengumumkan produk baru mereka ini pada saat acara Mobile World Congress, di Barcelona, Ahad (1/3/2015).

Furnitur tersebut meliputi meja dan lampu yang memiliki alas untuk pengisian daya gadget tanpa harus mencolokkan kabel. Pengisian daya nirkabel ini, bekerja melalui sebuah transfer induksi energi. Furnitur itu sendiri, harus terhubung dengan sumber listrik.

Koleksi ini baru akan dimunculkan perdana di beberapa gerai IKEA tertentu seperti di Eropa dan Amerika Utara pada 15 April 2015. Nantinya, produk ini akan disebarkan secara global ke seluruh gerai IKEA di dunia.

Selain furnitur, IKEA juga menjual kit pengisian nir-kabel untuk dipasang pada furnitur yang telah ada, dengan harga mulai 30 euro atau Rp 435.150. Sementara itu, furnitur yang telah dipasangi fasilitas pengisian nirkabel, dibanderol mulai 50 euro atau Rp 725.250.

“Orang-orang tidak suka melihat kabel berantakan. Saat terburu-buru, mereka khawatir tidak menemukan charger dan kehabisa daya,” kata IKEA Business Area Manager Jeanette Skjelmose.

Pengenalan fungsi pengisian nirkabel IKEA pada beberapa perabot baru mereka, membuat pertempuran produsen pengisian nirkabel standard global makin “panas”. IKEA akan melengkapi deretan baru furnitur dengan pengisi nirkabel bersertifikat Qi dari Wireless Power Consortium (WPC). Standard Qi didukung oleh pembuat ponsel pintar seperti Samsung, HTC dan Microsoft.

Dua standard lainnya adalah Power Matters Alliance (PMA) yang menciptakan fasilitas pengisian nirkabel di kafe Starbucks di Amerika Serikat, serta aliansi untuk daya nirkabel, A4WP.

Sangat penting untuk memiliki satu standard yang pasti karena memiliki perangkat yang hanya terisi dayanya pada permukaan tertentu bisa membatasi pilihan masyarakat. Mengumpulkan kritik dari masyarakat bisa menjadi terobosan global bagi salah satu dari tiga standard tersebut.

Di Amerika Serikat, standar PMA cukup kuat, seperti asosiasi yang didukung oleh Duracell Powermat, pemasok aksesori pengisi daya nirkabel. PMA telah bekerja sama dengan Starbucks, untuk menggelar fasilitas pengisian nirkabel. Tahun lalu, PMA mengatakan akan memperluas produknya hingga ke Eropa pada tahun 2015.

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me