Menilik Fenomena Investasi Properti Cikarang

Big Banner

Kawasan Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, kini telah berkembang menjadi area yang terus dibanjiri proyek properti baru.  Penawaran rumah tapak (landed house), apartemen dan ruko silih berganti memasuki pasar. Bahkan animo konsumen yang membeli lebih banyak dari yang ditawarkan.  

Salah satu proyek properti yang banyak diminati adalah hunian berkonsep apartemen seperti besutan PT Lippo Cikarang Tbk. Anak perusahaan dari Lippo Group tersebut baru saja meluncurkan tower terbaru mereka yakni Pasadena Suites di kawasan Superblok Orange County, Lippo Cikarang.   

Belum resmi diluncurkan, ternyata tower ini langsung diserbu pembeli, bahkan mereka mengalami kelebihan permintaan sebesar 120 persen.

“Bahkan pada saat peluncuran tower sebelumnya (Irvines Suites dan Westwood Suites)  pada bulan November lalu kami berhasil menjualnya dalam waktu sehari,” kata Ivan Budiono CEO Lippo Homes kepada Rumahku.com.  

Apartemen yang menyasar ke kelas menengah ke atas ini di jual dengan harga mulai dari Rp600 jutaan hingga Rp1 milliar,. Pasadena Suites juga akan memiliki berbagai fasilitas premium seperti private balcony, indoor pool, sky pool, fun children pool, outdoor children playground, sky gym, indoor children playroom, sky lounge dan multy party room.     

Menurut Ivan, tingginya minat pasar atas produknya dikarenakan kawasan Cikarang memiliki prospek yang begitu menjanjikan, mengingat saat ini di sana banyak terdapat ribuan perusahaan industri dan jutaan karyawan.   

“Rata-rata pembeli kita adalah karyawan level manager hingga ekspatriat yang bekerja di perusahaan industry di Cikarang,” kata Ivan.    
 

Menarik Minat Pasar Kelas Menengah
Setali tiga uang, ternyata hal ini juga  dirasakan oleh PT HK Realtindo. Anak perusahaan Hutama Karya (Persero) ini ternyata juga mendapatkan respon positif melalui pembangunan The Enviro yang berada di Jababeka, Cikarang.

Berbeda Pasadena Suites, Enviro justru lebih membidik kalangan menengah untuk dijadikan target pasar. Menurut Hoshi Mitchel Hutabarat, Head of Marketing PT HK Realtindo sejak pertama kali diluncurkan tahun 2012 silam pihaknya kini telah berhasil menjual 90 persen unit apartemen dari total 400 unit yang disediakan.    

Namun diakui Hoshi, pada saat awal peluncuran pihaknya kesulitan untuk menjual apartemen di kawasan Cikarang, karena memang mindset pasar saat itu mengaggap bahwa area Cikarang tidak potensial untuk dihuni.

Seiring berjalannya waktu, pemikiran tersebut mulai berubah, pelan-pelan masyarakat mulai menganggap bahwa kawasan ini sangatlah potensial, apalagi saat ini akses menuju ke lokasi cukup bagus dan mudah dijangkau.

 

rumahku.com