Rupiah Melemah Tembus Rp13.000 Per USD

Big Banner

Hari ini, Kamis (5/3) nilai tukar rupiah terhadap USD kembali melemah bahkan merosot pada awal perdagangan di pasar spot ke level Rp13.000. Pada pukul 08.20 WIB tadi, mata uang Indonesia itu berada pada posisi Rp13.047 per USD setelah dibuka pada level Rp12.991. 

Sebelumnya pada Senin kemarin (2/3), Rupiah sempat melorot ke level Rp13.000. Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro pun mengatakan bahwa pelemahan nilai tukar Rupiah akibat proyeksi negatif terhadap pertumbuhan ekonomi di Tiongkok sehingga berdampak terhadap mata uang yang memiliki kaitan dengan Tiongkok, seperti Indonesia. 

“Memang kondisi hari ini ada proyeksi yang negatif terhadap pertumbuhan China, jadi mata uang negara-negara yang punya kaitan dengan China yang besar termasuk Indonesia ya melemah,” ujar Menteri Bambang, seperti informasi yang diterima Rumahku.com

Selain itu, menurut Wakil Presiden Jusuf Kalla, pelemahan rupiah juga disebabkan oleh efek global melemahnya mata uang Euro karena mundurnya perekonomian di Spanyol dan Yunani.

 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me