Ini Jalur Alternatif Motor di Luar Koridor Monas-Bundaran HI

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pelarangan motor melalui jalur Jalan M.H. Thamrin (Bundaran HI) hingga Jalan Medan Merdeka Barat (Monumen Nasional/Monas) akan diujicoba pada 17 Desember 2014. Dinas perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta pun mengumumkan jalur-jalaur alternatif yang dapat dilalui oleh kendaraan beroda dua ini.

ilustrasi

ilustrasi

“Motor bukannya dilarang melintas di semua jalan, hanya di dua jalan utama itu. Selanjutnya, kami juga siapkan jalur-jalur alternatif untuk pengguna sepeda motor, jadi nanti jangan sampai para pengendara melanggar aturan yang sudah ditetapkan ini,” ujar Kepala Dishub DKI Jakarta Muhammad Akbar, saat acara jumpa pers terkait uji coba pembatasan lalu lintas bagi sepeda motor di Balaikota, Selasa (2/12).

Beberapa jalur alternatif yang bisa ditempuh oleh pengendara sepeda motor antara lain, dari selatan ke utara atau dari Senayan ke Harmoni. Jalur yang bisa ditempuh dari sisi barat yaitu Jalan Sudirman-Dukuh Atas-Karet-Pasar Baru-Jalan K.H. Mas Mansyur-Jalan Cideng Barat, kemudian berputar ke Jalan Cideng Timur-Kebon Sirih, Abdul Muis-Majapahit-Gajah Mada.

Dari sisi timur jalur yang bisa dilalui dari Jalan Sudirman-M.H. Thamrin-Bundaran HI-Jalan Sutan Syahrir-K.H. Agus Salim-Kebon Sirih-Ridwan Rais-Jalan Medan Merdeka Timur-Medan Merdeka Utara-Majapahit-Gajah Mada. Sementara itu dari utara ke selatan atau Harmoni ke Senayan bisa menggunakan sisi barat di Jalan Hayam Wuruk-Juanda-Veteran 3-Medan Merdeka Utara-Majapahit-Abdul Muis-Mas Mansyur-Jalan Karet Pasar Baru-Galunggung-Dukuh Bawah-Sudirman.

Alternatif sisi timur pengendara motor bisa melalui Hayam Wuruk-Juanda-Jalan Pos-Gedung Kesenian-Lapangan Banteng Utara-Lapangan Banteng Barat-Pejambon-Medan Merdeka Timur-Ridwan Rais-Tugu Tani-Menteng Raya-Cut Mutia-Sam Ratulangi-HOS Cokroaminoto-Galunggung-Dukuh Bawah-Sudirman.

Akbar menambahkan, persiapan lainnya adalah pemberitahuan untuk gedung-gedung di sekitar Jalan M.H. Thamrin dan Jalan Medan Merdeka Barat supaya menyediakan tempat-tempat parkir bagi pengguna sepeda motor. “Kami akan bagikan juga pamflet kepada sepeda motor yang saat ini masih melintas, spanduk di sepanjang jalur, selain rambu-rambu yang akan dipasang mulai pekan depan. Kami juga siapkan 10 bus tingkat gratis dan 20 unit bus sekolah yang akan beroperasi mulai jam 6.00 hingga 22.00,” tandasnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me