Pemerintah Antisipasi Penanganan Musim Penghujan

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Untuk penanganan yang lebih baik terkait dengan musim penghujan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) mengundang Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif, Gubernur DKI Jakarta Basuki T. Purnama (Ahok), Wakil Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie, dan Walikota Tangerang Arief Wismansyah.

Banjir Jakarta

Banjir Jakarta

Menurut Menpupera Basuki Hadimuljono, pertemuan ini dimaksudkan untuk mengoordinasikan kesiapan pemerintah pusat dan daerah dalam menghadapi musim hujan. “Ini untuk koordinasi menghadapi puncak musim hujan di awal tahun depan. Dengan pertemuan ini kita jadi tahu, sarana dan prasarana sudah jauh lebih baik, pompa sudah siap, pintu-pintu air sudah bertambah debitnya, semuanya sudah dicek,” ujarnya kepada media di sela-sela pertemuan di Kantor Kemenpupera Jakarta, Senin (15/12).

Dalam kesempatan ini, Syamsul Maarif  menghimbau kepada seluruh kepala daerah untuk tidak segan memanggil BNPB karena kepala daerah memiliki kewenangan penuh untuk menentukan situasi dan status bencana di daerahnya masing-masing. “Jadi begitu ada peristiwa bencana, kepala daerah menyiapkan siaga darurat dan tugas kami untuk melindungi itu,” imbuhnya.

Terkait dengan tanggap darurat, Kemenpupera sendiri memiliki pos komando untuk sumber daya air (SDA) maupun pos siaga bencana. Saat ini sudah disiagakan alat berat di beberapa pos seperti di Cawang sudah tersedia sebanyak 9 unit truk dan mobile pump, 30 alat berat, 8 perahu karet, 7 perahu motor dan speed boat, dan sebagainya.

Dengan segala kesiapan dan koordinasi lintas sektoral yang sudah dilakukan, Basuki mengklaim penanganan untuk musim hujan kali ini sudah jauh lebih baik.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me