Menpupera Akan Buat Peta Rawan Longsor

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Bencana tanah longsor yang terjadi di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, hari Jumat (12/12) lalu menimbulkan kerugian yang teramat besar. Untuk itu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimuljono, akan melakukan pemetaan terhadap kemungkinan daerah rawan longsor selain yang terjadi di Banjarnegara saat ini.

rawan longsor

“Nanti akan dilihat dan diteliti daerah ini, longsornya apa karena adanya patahan atau lempengan di wilayah sekitarnya sehingga terjadi bencana longsor. Kami sudah berkoordinasi dengan ahli geologi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk membuat peta daerah rawan longsor,” ujarnya saat mengunjungi lokasi bencana akhir pekan lalu.

Kemenpupera juga menyertakan tiga alat berat excavator menyusul akan dikirimkan lagi sebanyak 6 excavator selain dump truck untuk membantu evakuasi bencana longsor Banjarnegara. Basuki memperkirakan, jalan Bumiayu-Dieng sepanjang 500 m yang terrputus total akibat bencana longsor ini akan bisa ditangani sekitar 5-7 hari.

“Ini selama penanganannya dilakukan dari kedua sisi sehingga bisa lebih cepat, termasuk penanganan jembatan yang juga tertimbun longsor. Dikerjakan dulu yang paling mungkin karena ini masih aksi tanggap darurat, kita juga terus berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencaba (BNPB) dan instansi terkait,” imbuhnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me