Melbourne, Ladang Baru Pengembang Kuwait

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Setelah berjuang enam tahun untuk mendapatkan izin, akhirnya  Action Group Australia mendapat izin untuk membangun proyek apartemen di dekat gerbang Station Pier, Melbourne Port, Australia. Bukan soal peruntukannya yang “diperjuangkan” oleh pengembang yang dimiliki oleh Sheik Kuwait, Mubarak Abdullah Al- Mubarak Al-Sabah itu, melainkan ketinggiannya.

Pemerintah Victoria memang membatasi ketinggian gedung-gedung di kawasan tersebut, maksimal hanya 10 lantai. Saat ini,ketinggian rata-rata gedung yang ada di daerah itu hanya tujuh lantai. Proyek milik Action Group itu akhirnya mendapat izin hingga setinggi 19 lantai. Proyek ini berlokasi di 1-5 Waterfront Place sekitar 4,5 km barat daya  Melbourne Central Business District. Di lahan seluas 5.500 m2 itu akan berdiri proyek multifungsi yang  merangkum apartemen dan ruang ritel.

Melbourne port-project

Melbourne port-project

Di tapak itu sebelumnya berdiri sebuah ruang kantor, tempat penitipan anak dan gym, lengkap dengan  kolam renang yang kemudian tutup dan dibiarkan terbengkelai. Tengah September lalu, gedung ini sempat terbakar hingga harus didatangkan 70 unit pemadam kebakaran untuk memadamkan apinya selama dua jam. Kebakaran itu sendiri sempat dicurigai sebagai upaya pengembang untuk segera mendapatkan izin.

Pemberian izin itu dikecam terutama warga sekitar di Beacon Cove serta Port of Melbourne Corporation. Menurut mereka, hal itu menyalahi aturan yang tertera pada kontrak legal dan sertikat kepemilikan tanah di kawasan itu. Mereka juga mengkhawatirkan kalau kenyamanan lingkungan akan terganggu, yang ditimbulkan oleh keberadaan bangunan tinggi di situ. Gedung yang terlalu tinggi dianggap akan menutupi pemandangan ke arah pantai.

Sebaliknya, dewan perencanaan Victoria menilai pembangunan besar dan tinggi itu tidak akan mengganggu kenyamanan lingkungan, sehingga mereka keluarkan izin. Mereka juga menilai bahwa batasan ketinggian selama ini sudah mengurangi minat investor untuk membangun kawasan pantai tersebut.

Terus diburunya izin tersebut oleh Action Group Australia, tak lain karena prospek bisnis semata. Maklum lokasi proyek ini cukup strategis. Station Pier adalah dermaga sibuk dan kerap disinggahi lebih dari 40 kapal pesiar internasional. Dermaga ini juga menjadi “penghubung” antara Melbourne dan Tasmania. Lokasinya yang dekat dengan pusat bisnis, membuat kawasan ini juga sering disambangi turis lokal dan mancanegara.
(Sumber: Sydney Morning Herald)

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me