Libur Akhir Tahun, Okupansi Hotel di Cirebon Naik Tajam

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Perayaan Natal dan tahun baru yang bersamaan dengan libur sekolah membuat hotel di Cirebon kebanjiran tamu. Hotel Santika Cirebon dan Tryas Hotel, misalnya, tingkat huniannya (okupansi) naik sangat tajam. Menurut Media Relation Hotel Santika Cirebon, Chicko Handoyo, seluruh 86 kamar hotelnya terisi 100 persen. Ini terjadi sebelum Natal dan akan berlangsung hingga sepekan setelah tahun baru.

“Sampai selesai tahun baru sepertinya masih ramai. Cuma okupansinya antara 70-80 persen saja, nggak sampai 100 persen seperti sekarang,” ungkapnya saat ditemui, kemarin.

Hotel Santika Cirebon

Hotel Santika Cirebon

Tamu yang menginap didominasi dari luar kota, seperti Jakarta (50 persen), Bandung, Bogor dan beberapa di antaranya tamu transit yang akan ke kota-kota di Jawa Tengah dan jawa Barat. “Dari Cirebon juga ada cuma nggak banyak, tapi cukup berkontribusi pada okupansi kami,” imbuhnya.

Chicko menjelaskan, Santika punya pasar dan servis bagus. Karena itu di tengah persaingan bisnis hotel di Cirebon yang cukup ketat Santika tetap eksis. Tahun ini tamu yang datang lebih banyak melakukan reservasi melalui online. Ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya di mana tamu lebih memilih reservasi lewat telepon atau walk in (datang langsung). Tamu yang datang rata-rata menginap 1-2 malam. Puncaknya diprediksi akan terjadi akhir pekan ini.

General Manager Tryas Hotel, Enting Haryani, menyebutkan okupansi hotelnya naik 15-20 persen. Puncaknya terjadi 25 Desember yang lalu, dari 34 kamar yang tersedia 32 kamar terisi. Menurutnya, minggu ini okupansinya masih tinggi tetapi tidak setinggi menjelang Natal. “Per hari ini (kemarin, red) kamar yang terpesan sudah 50 persen. Kami lebih fokus untuk tamu yang pesan walk in dibanding lewat telepon, karena lebih pasti,” ujarnya.

Enting menjelaskan, Tryas Hotel memiliki empat tipe kamar, yakni Superior sebanyak tujuh kamar, Delux 13 kamar, Executive 13 kamar dan Junior Suite 1 kamar. Tipe superior paling banyak dipesan tamu baik dari dalam ataupun luar kota.

 

Sumber: Radar Cirebon

 

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me