Larangan Motor Lewat Monas Berhasil Kurangi Kemacetan

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pelarangan sepeda motor melewati ruas Jl Medan Merdeka Barat (Monas) hingga Jl MH Thamrin (Bundaran HI), Jakarta, yang diberlakukan sejak medio Desember tahun lalu berhasil mengurangi angka kemacetan hingga 30 persen. Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya  Kombes Pol. Martinus Sitompul, pihaknya akan terus mendukung kebijakan ini dan berharap kemacetan yang dapat dikurangi hingga 50 persen.

Ilustrasi

Ilustrasi

“Dari hasil kajian kami selama pelarangan ini memang mengurangi kemacetan di simpul-simpul yang biasanya macet. Waktu tempuh kendaraan roda empat menjadi lebih cepat dan meningkatkan kenyamanan pejalan kaki karena jalur pedesterian bersih dari motor,” ujarnya, Kamis (8/1).

Diakui Martinus, dengan adanya pelarangan ini akan berdampak kemacetan di luar ruas jalan tertentu. Untuk itu ia berharap ada penambahan kendaraan umum untuk mengakomodasi pemotor pindah menggunakan transportasi publik.

“Kebijakan ini juga sudah mengurangi angka kecelakaan di titik-titik tertentu di sepanjang ruas jalan yang dilarang,” imbuhnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me