Bertukar Rumah dengan Behomm

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Dalam paradigma baru, rumah tidak lagi sebagai sebuah tempat yang eksklusif dan privat.  Pemilik rumah bisa berbagi dan bertukar dengan orang lain. Itulah yang ditawarkan oleh Behomm. Adalah Agust Juste dan Eva Claduch, sepasang desainer grafis asal Barcelona, Spanyol,  yang menawarkan konsep baru ini.  Konsep ini didasarkan pada keinginan mereka untuk berbagi ide dan pengalaman tinggal di sebuah rumah yang didesain baik dan bagus kepada sesama orang-orang kreatif di seluruh penjuru dunia.

Behomm Islandia

Behomm Islandia

Agar aman, pemilik dan pelancong yang mau menggunakan rumah harus masuk dalam komunitasnya yang eksklusif. Komunitas ini sebatas mereka yang berprofesi di industri kreatif. Untuk masuk cukup kirim email yang tertera dalam situs Behomm kemudian dibalas secara privat oleh mereka.  Selanjutnya calon anggota diminta mengirimkan lima buah foto rumah yang bisa dibagi, foto keluarga dan data pribadi.  Ini serupa dengan komunitas pertemanan dalam satu industri yang jelas status dan kondisinya, sehingga mereka rela “bertukar” rumah dengan teman sendiri.

“Di Behomm, kami percaya bertukar rumah tidak sekadar untuk mendapat akomodasi di segala penjuru dunia, tapi lebih untuk berbagi dan membentuk koneksi personal yang bisa memperkaya diri,” kata Juste yang meyakini bahwa berbagi adalah masa depan (dunia).

Para Behommer akan mendapat password untuk berkoneksi dengan sesama anggota komunitas. Mereka bisa melihat detil kondisi rumah yang diminati, termasuk bila ingin tinggal sementara. Berikutnya, komunikasi bisa dilanjutkan antara pemilik dengan calon pengisi rumah.

behomme-kenya

Behomm tidak mengatur kesepakatan, termasuk masa tinggal serta do and don’t, tapi hanya rambu-rambu.  Misalnya, pemilik harus bertanggung jawab pada barang berharganya, calon pengisi harus meninggalkan rumah dalam kondisi bersih as is saat mereka masuk, tidak menggunakan listrik, gas dan air secara berlebihan. Semua perangkat boleh digunakan, termasuk mainan anaknya.  Dan, semuanya gratis.

Selama masa percobaan selama satu tahun keanggotaan komunitas gratis. Selanjutnya, Behommer akan ditarik iuran 95 Euro (Rp1,4 juta) per tahun untuk biaya pengelolaan situs. Behomme mendonasikan 5 persen dana tersebut untuk Architectur for Humanity, sebuah organisasi nirlaba yang membantu komunitas melalui solusi arsitektural. Selain profesi, tak ada batasan jenis, lokasi dan luas rumah yang bisa dimasukkan.  “Bagaimanapun kondisinya, kami menerima, tapi yang pasti Anda menempati rumah itu,” kata Shizuko Ono, pengelola Behomm.

Vila diperbolehkan, tetapi vila itu tidak disewakan secara komersial. Baru dibentuk Juli 2014, anggota Behomm saat ini sudah lebih dari seribu, tersebar  di segala benua. Antara lain seorang arsitek yang tinggal di sebuah apartemen berukuran 80 m2 di tengah kota Reykjavik, Islandia dan fashion designer yang menempati rumah seluas 200 m2 Nairobi, Kenya.

Dari Indonesia ada tujuh profesional kreatif yang bersedia berbagi rumahnya.  Semuanya berdomisili di Bali, kebanyakan berstatus warga negara asing. Profesinya antara lain arsitek, seniman keramik, dan fotografer. Rumahnya ukuran 150 – 500 m2,  hamper semua dilengkapi kolam renang dan ruangnya ditata menarik.   Anda siap bertukar rumah?

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me