Avenue of The Star di Lippo Mall Kemang

Big Banner

Pengunjung akan merasakan dua atmos fir yang berbeda dari area indoor dan outdoor.

Housing-Estate.com, Jakarta – LippoMall Kemang adalah bagian dari kawasan terintegrasi (mixed use development) KemangVillage (12 ha) di Jalan Pangeran Antasari, Jakarta Selatan, yang dikembangkan PT Almaron Perkasa (Lippo Group). Konsep mal lima lantai seluas 55.000 m2 (net) karya DP Architects (Singapura) ini tidak berbeda dengan mal-mal mewah di Jakarta pada umumnya. Hanya area luar (outdoor)-nya dibuat lebih hijau, disesuaikan dengan karakteristik kawasan Kemang sebagai daerah resapan.

lippo mall kemang

“Konsepnya modern minimalis yang clean, simple, dan modern contemporary look di indoor (ruang dalam), dan suasana tropis resort dengan banyak kehijauan di area outdoor,” kata Christine Owen, Marketing Communication Manager LippoMall Kemang. Konsep itu selaras dengan konsep pengembangan Kemang Village sebagai luxurious integrated resort development. Suasana nyaman dengan jalan yang lebar dan bersih berkanopi pohon-pohon besar mendominasi kawasan saat kita berjalan menuju mal.

Kita serasa di Singapura, negara kota yang kerap dipuja orang kaya Indonesia karena kesterilannya. Hanya suasana Kemang Village lebih hening, kontras dengan hiruk pikuk Jalan Pangeran Antasari yang menjadi gerbang utama memasuki kawasan. Mal berbentuk oval dengan fasad diagonal ini dibuka tanggal 26 September 2012 dengan penyewa utama (major tenant) Debenhams, Ace Hardware, Best Denki, dan Hypermart. Ruang tersewa atau okupansinya diklaim sudah 90% dengan target pasar konsumen kelas atas yang dalam bahasa pasar disebut B+ dan A.

Tenant mix-nya dibuat tidak terlalu spesifik di satu tempat, tapi menyebar antara produk fashion, life style, food & beverage (F&B), dan lain-lain yang semuanya dari merek global terkenal. “Tiap lantai kita buat mixed up, nggak ada pemusatan customer di salah satu tempat. Harapannya semua konsumen bisa berkeliling dan menikmati semua area karena malnya juga tidak terlalu besar,” jelas Christine. Memasuki area lobi kita disambut ruangan besar nan mewah dan elegan dengan langit-langit berhias ornamen abstrak. Untuk meneguhkan kelas mal, di lobi ini kerap digelar fashion show yang menampilkan model-model dan artis tersohor.

Tak sembarang bintang

Di ruang luar area yang diunggulkan adalah Avenue of The Star yang menjadi pusat lifestyle mal yang dikelilingi outlet F&B dari merek-merek ternama. Tempat terbuka ini menjadi simbol lifestyle entertainment mal. Di sini setiap hari diadakan pertunjukan live music, dan firework show setiap Sabtu malam yang menjadi atraksi menarik bagi pengunjung. Di tempat itu pula diletakkan star plate (semacam Walk of Fame di Hollywood) dari beberapa artis lokal dan internasional yang dianggap sebagai ikon.

lippo mall kemang

Avenue of The Star

Artis lokal yang dibuatkan star plate-nya antara lain Deddy Mizwar, Vina Panduwinata, Becky Tumewu, dan lain-lain. “Nggak sembarang bintang yang bisa tertera di star plate. Harus yang sudah proven dedikasi dan kontribusinya di dunia entertainment Indonsesia, karena Avenue of The Star itu merupakan simbol yang kita sajikan untuk memberikan inspirasi terutama kepada generasi muda,” katanya.

Saat ini area Avenue of The Star masih terus disempurnakan untuk makin menguatkan konsep outdoor yang diusung mal. Pengunjung nyaman berlalu lalang di ruang luar tanpa terganggu hujan atau panas karena memiliki naungan. Demi memuaskan kenyamanan pengunjung itu, di area disediakan pula dua eskalator sebagai akses menuju area F&B di lantai atas, selain akses langsung ke dalam mal melalui lobi di lantai terbawah.

Lokasi Kemang Village di kawasan yang banyak dihuni pekerja asing (ekspatriat) dan tidak begitu jauh dari pusat bisnis di Jl TB Simatupang dan Jl Jend Sudirman, membuat mal yang menyediakan ruang privat untuk ibu-ibu (mother’s room) dan VIP lounge untuk pembelanja premium ini, juga banyak dikunjungi orang asing. “Campur-campur (orang asingnya), yang banyak dari Korea. Kita pernah buat survei kecil-kecilan kenapa mereka suka datang ke sini. Katanya, karena suasananya nyaman untuk belanja atau sekadar hangout,” ujar Christine.

Sumber: Majalah HousingEstate

Dapatkan Majalah HousingEstate di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer)
atau
Unduh versi digitalnya WayangForce, Scoop & Scanie.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me