Kaltim Akan Membangun 2.500 Rumah Murah

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Program pembangunan sejuta rumah untuk masyarakat kelas bawah yang dicanangkan pemerintah pada tahun 2015 realisasinya dibagikan ke seluruh wilayah.  Menurut Ketua REI Balikpapan, Edi Juwadi, wilayah Kaltim dapat jatah membangun sekitar 2.500 unit. Dia mengungkapkan, sampai saat ini, baru pengembang asal Balikpapan yang siap membangun perumahan murah tersebut. “Total ada empat pengembang yang sudah melakukan pembangunan untuk perumahan murah ini,” katanya di Balikpapan, Rabu (25/2).

Rumah Sederhana

Ilustrasi

Ia mengungkapkan,  pengembang di wilayah Balikpapan sampai saat ini sudah melakukan pembangunan sekitar 500 unit rumah murah. Rumah yang dibangun tipe 36. Di Balikpapan permintaan rumah jenis ini sangat bear sehingga pemasarannya sangat mudah.

“Kami akan berusaha dari 2.500 jatah rumah murah yang didapatkan Kaltim, sekitar 60 persen  akan dibangun di Balikpapan. Sisanya bisa dibangun di Samarinda dan beberapa kota besar di Kaltim,” imbuhnya.

Lokasi pembangunan rumah murah di Balikpapan di daerah Batakan, di koridor Jl Soekarno-Hatta Km 4,5 dan Km 8, serta di sekitar kawasan Bandara Sepinggan. Harga rumah murah tersebut ditetapkan Rp 135 juta.

Menurut Edi, harga sebesar itu untuk wilayah Kalimantan Timur masih terlalu mepet.  Harga tanah di Balikpapan saat ini sudah tinggi, demikian juga harga bahan bangunan. “Untuk material kebanyakan masih mengambil dari luar Kalimantan. Karena itu, harga material  di Balikpapan cukup tinggi,” ujarnya.

Sumber: Kaltim Post Online

housing-estate.com