200 Ribuan Rumah Sederhana Siap Dibangun

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera), Basuki Hadimuljono, memastikan pembangunan sejuta rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) akan dimulai April 2015. Menurut Basuki, pada tahap pertama akan dilakukan peletakan batu pertama  (groundbreaking) secara serentak sebanyak 211.166 unit. Dana yang dikucurkan untuk membangun rumah sebanyak itu senilai Rp86,5 triliun.

Rumah Sederhana

Ilustrasi

Sumber pembiayaannya dari BPJS sebesar Rp48,5 triliun, Bapertarum-PNS Rp3,1 triliun, PT Taspen Rp2 triliun, Perumnas Rp1 triliun, dan Kemenpupera Rp13,2 triliun. Di luar itu ada bantuan dari World Bank, International Finance Corporation (IFC), Asian Development Bank (ADB) masing-masing sebesar 500 juta dollar AS.

Menurut Basuki, groundbreaking akan dilakukan serentak di berbagai kota di Indonesia. Pembangunan rumah untuk kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) itu melibatkan sejumlah asosiasi pengembang dan BUMN. Yaitu Realestat Indonesia (REI) sebanyak 50.370 unit, Asosiasi Pengembang Perumahan Seluruh Indonesia (Apersi) 140.125 unit, Perumnas 4.102 unit, dan Asperi 2.000 unit.

Selain itu pemerintah daerah (pemda) juga akan membangun sebanyak 12.000 unit tersebar di 15 kota/kabupaten di 13 provinsi. Bukan hanya rumah sederhana tapak, Pemkot/Pemkab juga membangun rumah susun (Rusun) sebanyak 400 unit. Rumah yang dibangun pemda peruntukannya khusus PNS. Sementara BPJS Ketenagakerjaan akan membangun di dua provinsi tiga kota sebanyak 2.000 unit rumah tapak dan 500 unit rusun khusus untuk pekerja peserta BPJS.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me