Ini 6 Syarat Untuk Dapat Bantuan Depe KPR Rp4 Juta

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pembangunan sejuta rumah yang menjadi salah satu program unggulan pemerintahan Jokowi-JK dipantau langsung Presiden Jokowi. Kemarin, Senin (2/3), Jokowi mengadakan rapat terbatas dengan beberapa menteri terkait untuk mematangkan program ini. Ada empat terobosan penting yang disiapkan pemerintah untuk mendukung program tersebut. Yaitu bantuan uang muka KPR, penurunan suku bunga subsidi, uang muka 1 persen, dan KPR untuk pekerja informal.

KPR BTN

Ilustrasi

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Pupera) Maurin Sitorus mengatakan, bantuan uang muka alias depe yang diberikan sebesar Rp4 juta. Bantuan uang muka ini tidak diberikan secara otomatis kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang hendak membeli rumah sederhana. Ada enam syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkannya.

Pertama, rumah yang dibeli merupakan rumah pertama atau konsumen belum memiliki rumah.  Kedua, penerima bantuan uang muka adalah pekerja formal yang punya penghasilan maksimal Rp4 juta per bulan untuk mengajuan pembelian rumah sederhana tapak, atau maksimal Rp7 juta per bulan apabila untuk pembelian rumah susun (Rusun). Ketiga, pemohon belum pernah menerima bantuan atau subsidi lain dari pemerintah.

Berikutnya, pemohon punya Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) disertai surat keterangan penghasilan dari tempat kerja. Kelima, penerima bantuan uang muka harus berstatus pegawai tetap di perusahaan atau instansi tempatnya bekerja.  Ini sebagai jaring pengaman bagi perbankan bahwa dia mampu membayar angsuran kredit hingga lunas.

Syarat pamungkas, rumah yang akan dibeli harus ditempati sendiri, tidak boleh dibiarkan terbengkalai, disewakan, atau dijual ke pihak lain. Larangan pemindahan tangan atau diperjualbelikan dengan pihak lain itu berlaku selama lima tahun pertama untuk rumah sederhana tapak dan 20 tahun untuk rumah susun.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me