Ciputat, Ikon Baru di Selatan Jakarta

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Saat ini hampir di seluruh kawasan sekitar Jakarta (Jabodetabek) mengalami pertumbuhan cukup pesat. Paling fenomenal kawasan Serpong, Tangerang, Banten, yang tumbuh menjadi kota mandiri dengan beragam fasilitas pendukungnya. Pusat pertumbuhan di barat Jakarta itu harga propertinya melenting paling tinggi.  Di koridor timur yang berkembang tumbuh pesat kawasan Cikarang hingga Karawang barat.

Apartemen Alterra Residences

Apartemen Alterra Residences

Kawasan lain ikut berkembang dengan fokus  dan segmen yang berbeda dengan dua pusat pertumbuhan sebelumnya. Sawangan, Depok,  misalnya, tumbuh menjadi sentra hunian menengah.  Kalau 3-4 tahun lalu kawasan ini masih banyak menawarkan rumah di bawah Rp200 juta, sekarang rumah yang dipasarkan rata-rata di atas Rp300 juta.

Wilayah lain yang langsung berbatasan dengan Jakarta Selatan, seperti Ciputat, Tangerang Selatan, pertumbuhan propertinya lebih semarak. Kawasan ini sekarang menjadi salah satu primadona hunian menengah di selatan Pondok Indah. Bukan hanya rumah tapak, apartemen juga tumbuh subur.

Menurut Irza Ifdial, CEO Ide Land Development, Ciputat sekarang menjadi ikon baru di Tangerang Selatan. ”Area lain di wilayah Tangerang Selatan itu sudah padat, yang masih akan terus berkembang adalah kawasan Ciputat karena ke Jakarta juga relatif dekat dan mudah sehingga kawasan ini akan sangat luar biasa,” ujarnya kepada housing-estate.com di Jakarta, Rabu (4/3).

Secara umum di Tangerang Selatan cukup banyak dikembangkan kawasan terpadu dengan beragam fasilitas publiknya. Belasan atau puluhan apartemen yang dikembangkan di Tangerang Selatan serapan pasarnya juga bagus, di atas 90 persen.  “Mau krisis, BBM naik, atau pemilu, proyek apartemen menengah selalu terserap di atas 90 persen. Ini selain masyarakat sudah lebih matang menerima situasi ekonomi maupun politik, unit apartemen itu sesuatu yang dibutuhkan baik untuk hunian maupun instrumen investasi karena terbukti harganya selalu naik,” imbuhnya.

Karena itu, Ide Land bersama dengan PT Plaza Indonesia  Urban sangat optimistis dengan pengembangan proyek barunya Alterra Residences di Jl RE Martadinata, Ciputat. Proyek ini dikembangkan dengan menyasar kalangan pekerja muda kelas menengah yang memang mencari hunian simpel dan praktis.

“Ini segmen konsumen yang paling besar, dengan penghasilan suami istri Rp10 juta per bulan sudah bisa mencicil apartemen. Ini lebih menguntungkan daripada mereka kontrak, harganya juga naik terus,” tandasnya.

housing-estate.com