Pusat Inspirasi Membangun Rumah

Big Banner

Tempat inspiratif bagi ibu rumah tangga, mahasiswa, hingga profesional, untuk membangun rumah

Housing-Estate.com, Jakarta – Waktu baru menunjukkan setengah jam berlalu dari pukul 10 pagi, tapi suasana di SCG Experience (SCG XP), Thailand, sudah mulai ramai. Aktivitasnya mulai dari pemilik rumah yang sedang berkonsultasi dengan arsitek atau desainer interior, kelompok mahasiswa yang mempelajari material, hingga arsitek profesional yang sedang melakukan pertemuan bisnis dalam ruang bertutup kaca.

Artikel_78_Properti Gaya_Pusat Inspirasi Membangun Rumah_0328948

Sesuai namanya, spirit yang ingin disampaikan produsen bahan bangunan SCG (Thailand) dalam gedung ini adalah experience. Jadi SCG XP diniatkan menginspirasi dan memberikan pengalaman terbaik dalam membangun tempat tinggal. Lokasi SCG XP di Crystal Design Center (CDC), Praditmanutham Road (Ekkamai-Ramindra), sekitar 20 menit dari bandara Suvarnabhumi atau 45 menit dari pusat kota Bangkok. SCG XP adalah satu dari 22 bangunan di CDC, kompleks gerai bahan bangunan, dekorasi rumah,dan gaya hidup seluas 100.000 m2 yang buka tiap hari pukul 10.00 – 19.00 termasuk hari libur.

Pengetahuan material

SCG XP dirancang atraktif oleh tim arsitek dari 49Group (Thailand) dengan dominasi material kaca dan beton. Bangunannya merefleksikan logo SCG yang berbentuk persegi enam yang seolah terangkat dari tanah. Luasnya 6.115 m2 terdiri dari tiga lantai.

Artikel_78_Properti Gaya_Pusat Inspirasi Membangun Rumah_7328948

Di lantai pertama pengunjung bisa menikmati lobi yang luas dengan tempat duduk yang nyaman. Bergeser sedikit ada stan XP Consulting Service berupa layanan konsultasi gratis mengenai bangunan rumah dan renovasi oleh arsitek dan desainer interior untuk pemilik rumah. Ada juga koleksi majalah desain dari berbagai negara yang bebas dijadikan referensi pengunjung.

Di sisi kiri lobi terdapat Material Gallery berisi koleksi bahan bangunan dan contoh produk dari keramik hingga atap, untuk arsitek dan desainer serta mahasiswa. Di situ juga tersedia ruang duduk yang nyaman bagi pemilik rumah yang ingin berkonsultasi dengan arsiteknya.

Pengetahuan material lainnya dapat ditemukan di seluruh lantai dua dan tiga yang disajikan dengan inspiratif. Ada sudut Trendy Material yang mengaplikasikan produk dekorasi rumah dari bahan trendi yang cocok untuk semua arsitektur dan mimpi desainer. Kemudian Roof Solution yang memamerkan bahan atap berdasarkan gaya rumah berikut petunjuk pemasangan produk dan servis yang ditawarkan. Ide-ide pemakaian produk dan aksesoris di kamar mandi dan pemasangan keramik dekoratif juga tersedia.

Bagi pemilik rumah yang sangat awam dengan ilmu konstruksi, SCG XP menyiapkan aplikasi konstruksi yang memperlihatkan detail sambungan besi, pipa, batu bata, dan semen dalam model bangunan sungguhan. Tak ketinggalan produk-produk untuk penataan ruang luar (outdoor) rumah seperti paving block, grass block, terpasang di area khusus Landscape.

Wadah komunitas

Selain pusat pengetahuan produk dan layanan bahan bangunan bagi pemilik rumah, SCG XP juga menyediakan fasilitas untuk kaum profesional termasuk arsitek, desainer interior, developer, dan mahasiswa jurusan terkait.

Di lantai dua ada ruang perpustakaan dengan lebih dari 5.000 judul buku lokal dan internasional dengan pilihan tempat duduk yang nyaman. Di bagian dalam perpustakaan terdapat Designer Club yang dipisahkan oleh pintu kaca dengan akses kartu khusus. Tempat pertemuan yang stylish bagi para profesional arsitek, desainer, hingga mahasiswa itu dapat digunakan anggota perpustakaan yang terdaftar dengan iuran 1.000 baht atau sekitar Rp400 ribu/dua tahun.

Bersebelahan dengan Designer Club disewakan ruang studio yang lebih privat untuk pertemuan 5-6 orang dengan tarif 150 baht per jam. Sementara untuk komunitas yang lebih besar tersedia auditorium seluas 100 m2 di lantai satu yang dilengkapi layar dan sistem akustik memadai.

Melayani Generasi C

Sejak dibuka tahun 2009 SCG XP rutin dikunjungi 6.000 orang setiap bulan atau 200 orang per hari. Setiap pengunjung dapat memiliki kartu keanggotaan yang terbagi atas kategori profesional, mahasiswa, dan pemilik rumah (home owner). Kartu dengan iuran khusus per tahun itu berguna untuk menikmati berbagai fasilitas di SCG XP. ”Target pengunjungnya 80 persen home owner, 20 persen influencer seperti kontraktor, arsitek dan desainer interior,” kata Chatcawan Sethaburth, Chief Experience Maximizer SCG XP. Ia menambahkan, SCG XP diciptakan sebagai flagship retail concept store yang menjadi tren generasi C atau generasi online saat ini. Kebutuhan generasi yang sangat peduli terhadap creation, curation, connection, and community itu diwujudkan dalam kolaborasi toko fisik dan fasilitas online dalam satu bangunan.

Sumber: Majalah HousingEstate

Dapatkan Majalah HousingEstate di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer)
atau
Unduh versi digitalnya WayangForce, Scoop & Scanie.

housing-estate.com