Wujud Rumah Impian di Pinggiran Kota

Big Banner

Arsitek Chrofi merancang Narrabean House, tempat tinggal di pinggiran kota yang indah dan tenang. Narrabean adalah kota asri di pinggiran Australia. Meski terlihat sederhana dari jalan, namun Narrabean House menyimpan pesona luar biasa, salah satunya karena keberadaan laguna di sisi bangunan.

Seperti dikutip dari worldarchitecturenews.com, para arsitek menyimpulkan bangunan tersebut sebagai impian di piggiran kota. “Kami menyajikan bangunan ini secara konservatif kepada publik, dengan memaksimalkan daya tarik laguna dan air,” ujar arsitek.

Dari jalan, rumah dibangun seperti rumah pinggiran kota. Dengan fasad yang luas dan gelapnya cladding kayu, bangunan ini seolah menyimpan rahasia laguna yang terletak di sisi belakang.

Begitu memasuki rumah ini, penghuni seakan menyusuri lorong hingga ke halaman tengah, yang menyuguhkan laguna dan ruang pribadi.

Rumah ini, juga meningkatkan interior 1,2 meter di atas permukaan tanah untuk melindungi terhadap banjir. Tindakan ini juga untuk mengedepankan aspek ruang terbuka.

Di jantung bangunan terdapat halaman tengah yang dikelilingi oleh ruang tamu, ruang makan, dapur, studi dan kolam renang.

Hal ini menciptakan dinamika yang tenang dan inklusif secara sosial, selain juga menarik cahaya dan udara ke dalam rumah. Beton bangunan pun dipoles untuk menyelaraskan berbagai kayu desain interior.

Investor Daily

Penulis: Pamudji Slamet/FER

Sumber:Investor Daily

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me