Realisasi Sejuta Rumah Bergantung Respon Daerah

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pemerintah telah meluncurkan program pembangunan sejuta rumah untuk memenuhi kebutuhan perumahan yang sangat besar seiring peningkatan jumlah penduduk dan perekonomian Indonesia. Untuk itu, Ketua Umum DPP Real Estat Indonesia (REI) Eddy Hussy kembali mengingatkan, yang menjadi kunci program ini dapat sukses diimplementasikan adalah singkronisasi aturan antara pemerintah pusat dengan daerah di era otonomi saat ini.

rumah sederhana

Ilustrasi

“Aturan sebaik apa pun yang sudah dibuat oleh pemerintah ketika diimplementasikan di lapangan tetap membutuhkan adjustment, apa lagi ini ada otonomi daerah. Harus dipastikan koordinasi sehingga seluruh daerah paham dan dapat mengimplementasikan terkait program sejuta rumah ini,” ujarnya kepada housing-estate.com di Jakarta, Senin (9/3).

Anggota REI sendiri, lanjut Eddy, memiliki lahan hampir di seluruh daerah di Indonesia walaupun jumlahnya tidak banyak apa lagi yang bisa dibangun perumahan bagi kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Karena itu ia berharap pemerintah bisa membangun infrastruktur di kawasan-kawasan baru sehingga bisa didapatkan area baru yang harga lahannya lebih murah dan cocok untuk dibangun rumah MBR.

Yang lebih penting lagi koordinasi dengan pemerintah daerah karena selama ini perhatian daerah terhadap sektor perumahan sangat kurang sehingga pihak pengembang menggarap sendiri mulai dari lahan hingga pendanaan. “Kalau bisa dikoordinasikan lahan-lahan milik pemda untuk dibangun perumahan bagi PNS-nya itu akan sangat bagus dan membantu kami kalangan pengembang,” imbuhnya.

Terkait dengan rencana groundbreaking pembangunan sejuta rumah yang selalu diundur oleh pemerintah, Eddy menganggap hal ini bukan suatu masalah yang besar. Yang lebih penting adalah pemerintah telah membuat suatu terobosan sehingga ia yakin kondisi untuk tahun ini lebih bagus dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Wajar, namanya baru dicanangkan tentu membutuhkan waktu untuk implementasinya. Tapi paling tidak program ini sudah ada, kalau  misalnya tidak memenuhi target bisa kita perbaiki dan kita kejar di tahun berikutnya. Yang kita ambil semangatnya dulu, yang penting pemerintah serius untuk menangani persoalan ini,” tandasnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me