Pemerintah Harus Dukung Penuh Perumahan Rakyat

Big Banner
Perumahan rakyatPerumahan rakyat

Propertinet.com – Pekerjaan rumah yang harus diselesaikan untuk mendukung pembangunan perumahan rakyat masih banyak. Salah satu yang perlu mendapat perhatian adalah tabungan perumahan rakyat (Tapera).

Namun, pembentukan Tapera ini semakin jauh dari harapan, selain karena hanya menjadi wacana, RUU Tapera di DPR juga ditunda pembahasannya.

Menurut Direktur Utama Perumnas, Himawan Arief Sugoto,  selain Tapera untuk mendukung penyediaan rumah murah bagi golongan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) pemerintah juga perlu membangun delivery system.  Delivery system ini mencakup dukungan pengadaan lahan, infrastruktur, bunga murah untuk konstruksi, dan subsidi harga jual rumahnya. Semua itu memerlukan komitmen dan dukungan penuh pemerintah karena otoritasnya di tangan pemerintah sebagai regulator.

“Kalau sudah ada Tapera dan delivery system masyarakat akan lebih mudah mengakses hunian yang menjadi program pemerintah,” ujar Himawan.

Dengan delivery system yang ditata dengan baik harga rumah akan lebih terkendali dan suplainya mencukupi untuk diakses kalangan MBR dengan Tapera. Terkait dengan Perumnas akan membangun rumah susun (rusun) di Stasiun Tanjung Barat bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI), Himawan menyebut penguasaan lahan menjadi hal pokok untuk pembangunan rusun di perkotaan.

“Kendala lainnya mengenai koefisien lantai bangunan (KLB), kalau bisa dibangun lebih tinggi  berarti bisa lebih efisien, ini juga sedang diatur dengan Pemprov DKI supaya ada kelonggaran terkait pembangunan rusun di perkotaan,” imbuhnya.

propertinet.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me