April 1 Juta Rumah Bersubsidi Mulai Dibangun, Tapi Lokasinya di Mana?

Big Banner

Plt. Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR, Maurin Sitorus

Januari lalu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPU-PR) mengumumkan bahwa April ini, pemerintah mulai merealisasikan proyek pembangunan satu juta rumah untuk rakyat penerima subsidi. Ini dilakukan serentak di seluruh wilayah Indonesia. Demikian diutarakan Plt. Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR, Maurin Sitorus di Jakarta, hari ini (6/1/2015).

Ini adalah kabar gembira bagi warga masyarakat yang belum memiliki rumah karena kemampuan ekonomi. Apalagi sebagaimana pemerintah memberikan beberapa skema subsidi sehingga masyarakat memiliki lebih dari satu pilihan. (lihat http://r123.co/1B94ibT). Namun pertanyaannya, dimana lokasi perumahan itu berada? Pasalnya, sosialiasi mengenai hal ini pun belum gencar dilakukan oleh pemerintah.

Maurin mengatakan, lokasi dimana perumahan ini dibangun akan diupayakan oleh pemerintah daerah karena program 1 juta rumah ini adalah pekerjaan bersama antara pemerintah pusat dan daerah serta pihak swasta atau pengembang perumahan. Ini pula yang menyebabkan kisaran harga rumah murah ini pun disesuaikan dengan lahan yang tersedia. “Kalau tanah dari pemerintah tentu lebih murah,” ujarnya.

Lebih lanjut Maurin menjelaskan, bangunan jenis hunian itu akan dijual dengan harga Rp100 juta. Di sisi lain, ukuran rumah memiliki luas bangunan 36 meter persegi dan tanah 60 meter persegi. “Untuk di Jabodetakek harganya sekitar Rp120-Rp130 juta.”

Foto: gov.am

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me