Usir Nyamuk di Rumah, Pakai Bahan Alami Saja

Big Banner

Nyamuk merupakan salah satu sumber penyakit yang berbahaya seperti demam berdarah, malaria, chikungunya dan penyakit lainnya. Tentunya Anda tidak ingin kesehatan keluarga terancam karena banyaknya nyamuk di rumah kan?

Biasanya, sebagian besar dari Anda menggunakan pengusir nyamuk semprot, bakar, dan elektrik yang tentunya mengandung bahan kimia. Padahal, penggunaan pengusir nyamuk tersebut juga berbahaya bagi keluarga. Penggunaan pengusir nyamuk tersebut dapat menyebabkan sesak napas hingga menimbulkan alergi karena bahan-bahan kimia yang terkandung.

Untuk melindungi keluarga dari nyamuk dan juga menghindari bahaya dari kandungan kimia yang berbahaya, Anda dapat menggunakan pengusir nyamuk dengan cara alami. Berikut ini cara alami mengusir nyamuk seperti yang dilansir dari thehealthsite.com:

Minyak Nimba

Selain berguna untuk kesehatan tubuh, minyak nimba diyakini ampuh untuk mengusir nyamuk. Sebuah penelitian yang dipublikasikan Journal of the American Mosquito Control Association memaparkan bahwa campuran minyak nimba dan minyak kelapa sangat efektif mengusir nyamuk. Anda dapat mengoleskan campuran minyak ini pada kulit untuk melindungi diri dari gigitan nyamuk, setidaknya dalam jangka waktu 8 jam.

Eukaliptus dan Minyak Lemon

Center for Disease Control (CD) Amerika Serikat merekomendasikan campuran Minyak Eukaliptus dan Minyak Lemon untuk mengusir nyamuk. Campuran kedua bahan ini diyakini menghasilkan menghasilkan komponen cineole aktif yang memiliki sifat antiseptik dan melindungi tubuh dari gigitan nyamuk.

Semak Tulsi

Parasitology Research Journal menjelaskan bahwa tulsi sangat efektif untuk mengusir serta membasmi larva nyamuk. Anda dapat menanam semak tulsi di dekat jendela rumah, sehingga menghalangi nyamuk untuk masuk ke rumah.

 Bawang Putih

Bawang putih memang memiliki bau yang menyengat. Tapi tahukan Anda bahwa nyamuk sangat tidak menyukai baunya? Anda dapat menghancurkan dan merebus beberapa sium bawang putih. Semprot air hasil rebusan tersebut untuk mengusir nyamuk. Anda dapat pula menyemprotkan pada kulit untuk mencegah gigitan nyamuk.

Lavender
Meskipun memiliki bau yang harum, lavender terbukti ampuh mengusir nyamuk. Anda dapat menanam tanaman lavender di dekat jendela rumah atau menggunakan minyak lavender sebagai pengharum ruangan. Untuk menghindari gigitan nyamuk, Anda dapat mencampurkan minyak lavender dengan lotion untuk kulit.

Editor: Ferdinand Lamak / Foto: Istimewa

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me