Tangga Candi Borobudur Dilapisi Karet

Big Banner

(Candi Borobudur)

 Tahun ini, Balai Konservasi Borobudur akan mencoba melapisi lantai tangga Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dengan lapisan karet. Karet merupakan jenis material kedua yang dipakai setelah balai tersebut pernah melapisi tangga candi dengan rangka besi dan kayu.

Kepala Balai Konservasi Borobudur Marsis Sutopo mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan Balai Besar Kulit, Karet, dan Plastik Yogyakarta dalam penguatan tangga candi tersebut. Untuk sementara ini, Balai Konservasi Borobudur juga belum mengetahui jenis karet yang akan digunakan untuk melapisi tangga candi.

”Saat ini, kami masih menunggu rekomendasi dari Balai Besar Kulit, Karet, dan Plastik Yogyakarta terkait jenis karet yang paling cocok untuk digunakan melapisi batuan tangga candi,” ujarnya, Kamis (5/3/2015). Uji coba pelapisan menggunakan bahan karet tersebut dilakukan karena pada uji coba sebelumnya, rangka besi dan kayu yang dipakai, dianggap kurang tepat untuk melapisi lantai Candi Borobudur.

”Ada perbedaan warna yang mencolok antara kayu dan batuan candi sehingga penggunaan material kayu akhirnya dianggap kurang memenuhi unsur estetika,” ujarnya

(travel.kompas.com)

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me