Gara-gara Harga Rumah Turun, Taiwan Masih Deflasi

Big Banner

Tingkat inflasi di Taiwan untuk bulan Februari tercatat menurun atau dibawah ekspektasi yang telah dibuat sebelumnya, demikian seperti dilaporkan oleh data Statistik Nasional Taiwan pada hari Senin (9/3/2015). Indeks harga konsumen Taiwan tercatat turun 0,19 persen dari tahun sebelumnya pada bulan Februari lalu atau deflasi menyusul penurunan sebesar 0,94 persen di bulan Januari.

Beberapa faktor yang cukup menjadi penekan laju IHK Taiwan antara lain harga perumahan yang turun 2.10 persen sementara harga pangan naik 3,12 persen pada bulan Februari. Sedangkan harga konsumen inti naik 1,78 persen naik jika dibandingkan dengan bulan Februari tahun lalu. Sementara pada basis bulanan, harga konsumen naik 0,36 persen.

Taiwan Inflation Rate

Data lain juga menunjukkan bahwa indeks harga grosir turun 8.49 persen di tingkat tahunan pada bulan Februari lalu, melampaui ekspektasi penurunan yang telah dibuat sebelumnya yaitu sebesar 7.08 persen, Demikian juga pada basis bulanan, harga grosir pun juga tercatat turun sebesar 0,32 persen.

 

 

Stephanie Rebecca/ VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

vibiznews.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me