Menurut Kalender Tiongkok, Memulai Bisnis Properti Tahun Ini Akan Menguntungkan

Big Banner

JAKARTA, KOMPAS.com – Menurut penanggalan Tiongkok, 2015 adalah Tahun Kambing Kayu, yang dimulai dari 19 Februari 2015 hingga 7 Februari 2015. Pakar feng shui dari Universitas Trisakti, Jenie Kumala Dewi, menyarankan jika ingin memulai bisnis pada tahun Kambing Kayu, pengusaha harus mewaspadai beberapa prospek jenis usaha yang cocok, termasuk investasi di bidang properti.

Jenie mengatakan, investor harus cermat dan lebih bersabar jika ingin meraih keuntungan. “Tahun 2014 (Kuda Kayu) sudah lewat dan bisa menjadi pelajaran untuk 2015. Kuda memiliki unsur api sehingga membuat suasana panas,” ujar Jenie di Jakarta Barat, Selasa (10/3/2015).

Selain iklim yang panas, tutur Jenie, ada banyak hal yang menimbulkan emosi dan membuat semua orang lelah pada tahun lalu. Hal ini dirasakan juga oleh para pelaku ekonomi. Situasi politik yang diwarnai berbagai silang pendapat, terutama terkait pemilihan presiden sangat menguras emosi.

Berbeda dengan 2014, Jenie menuturkan, Tahun Kambing Kayu 2015 yang bekerja adalah unsur kayu ranting pohon dan tanah kebun. Menurut dia, ada sedikit energi api tersembunyi, namun tidak sepanas tahun lalu.

“Sepanjang 2015, kayu atau tanaman bisa bertumbuh. Jadi aktivitas ekonomi juga bisa bertumbuh,” jelas Jenie.

Dia melanjutkan, karakter Tahun Kambing pada dasarnya lebih damai dan tenang dibandingkan tahun lalu. Meski keras kepala, Tahun Kambing penuh dengan hal yang menenangkan. Karena tenang dan damai ini, aktivitas cenderung berjalan agak lambat dan tidak terlalu dinamis. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh pebisnis baru.

“Kambing Kayu sebenarnya membuka peluang baik untuk berbisnis, juga bagi mereka yang ingin memulai suatu program bisnis baru. Walau cenderung lambat, namun pasti,” ucap Jenie.

Para pengusaha harus bersabar karena untuk menghasilkan keuntungan, butuh proses dan waktu. Jika metode penanaman dan perawatannya benar, bagaimana pun akan memberikan buah atau hasil. Kambing, tambah Jenie, adalah tanda ke-8 dari penanggalan Tiongkok yang terdiri dari 12 shio.

Dalam budaya Tiongkok, angka 8 adalah angka peruntungan serta lambang harmoni dan ketenangan. Bila tahun sebelumnya adalah tahun kuda yang dikenal sebagai tahun penuh kompetisi dan persaingan, tahun kambing adalah tahun ketenangan karena berhasil melewati persaingan.

Bisnis yang menguntungkan pada tahun ini, menurut Jenie, adalah properti, bahan bangunan, renovasi rumah, pendidikan, komunikasi, elektronik, keamanan rumah, energi, bisnis makanan, bisnis pameran, mobil, pertambangan, serta perbankan dan keuangan.

Bisnis properti khususnya, diperkirakan akan bersinar tahun ini. Besarnya permintaan membuat harga properti akan tetap tinggi, meski ada perlambatan dalam penyaluran kredit properti. Seiring bersinarnya properti, bisnis bahan bangunan dan renovasi juga turut cemerlang.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me