Harga Properti Akan Terus Meningkat

Big Banner

JAKARTA – Survei Harga Properti Residential (SHPR) yang di lakukan oleh Bank Indonesia (BI) mencatat, harga properti sepanjang tahun 2014 lalu terus meningkat.

Seperti dilansir dari website resmi BI, Jakarta, Minggu (15/2/2015), pada triwulan IV-2014 harga properti naik sebesar 1,54 persen, lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan triwulan sebelumnya sebesar 1,46 persen.

SPHR menunjukkan, peningkatan harga rumah di Indonesia terjadi untuk semua tipe rumah, terlebih untuk rumah tipe besar. Namun SPHR juga mencatat, volume penjualan properti residensial juga mengalami pertumbuhan seiring dengan pertumbuhan harga. Volume penjualan properti residensial pada triwulan IV tahun 2014 tumbuh sebesar 40,07 persen.

Pertumbuhan volume penjual tersebut lebih besar bila dibandingkan dengan triwulan sebelumnya yang tumbuh sebesar 33,69 persen. Hal itu menunjukkan meskipun harga properti terus meningkat, tapi kebutuhan masyarakat terhadap hunian masih besar. Terbukti dari positifinya pertumbuhan Kredit Permilikan Rumah (KPR). Survei mencatat sebanyak 72,20 persen respondengn masih menggunakan KPR untuk fasilitas pembiayaan pembelian rumah, terutama bertipe kecil.

Dari survei tersebut juga menunjukan, pembiayaan pembangunan properti residensial masih didominasi dana yang bersumber dari internal pengembang. Sebagian besar atau sekitar 61,97 persen dari pengembang menggunakan dana sendiri sebagai sumber pembiayaan usahanya.

Kendati demikian, survei memprediksi harga properti residensial pada triwulan pertama tahun 2015 juga akan mengalami pertumbuhan namun tidak signifikan, yakni sekitar 0,89 persen.

(rzy)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me