Pengembang Rel Estat Curhat Perizinan Masih Rumit

Big Banner

JAKARTA – Real Estate Indonesia (REI) mengeluhkan, kerumitan perizinan pembangunan rumah di daerah masih terasa. Setidaknya untuk bangun satu kawasan perumahan saja dibutuhkan 44 izin yang berbeda.

Wakil Ketua Umum Bidang Rumah Sederhana Tapak (RST) DPP REI Dadang Juhro mengatakan, program Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang digadangkan oleh pemerintah masih belum terasa di tingkat daerah.

“Itu yang dibebankan sekarang, perizinan tentang pendirian perumahan maupun properti tiap Pemda butuh 44 tahapan,” ujarnya di gedung BKPM, Jakarta, Rabu (4/3/2015).

 

Berdasarkan hal itu, pihaknya meminta pemerintah pusat yang berwenang dalam hal ini BKPM untuk segera mencairkan kerumitan tersebut. Dadang mengusulkan agar seluruh kementerian terkait berkoordinasi dengan baik terkait perizinan tersebut.

“Kami meminta agar 44 tahapan di Pemda jadi 10. Usulan saya tolong dapa dikoordinasikan secara nasional. Sehingga, perizinan dari Kemendagri, Kemen PU dan Pera, dan Kementerian Agraria dapat diseragamkan dan jadi satu di BKPM,” pungkasnya.

(mfa)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me