Makassar Kian Dilirik Investor Properti Nasional

Big Banner

MAKASSAR –Perusahaan properti nasional semakin melirik dan menanamkan investasinya di Makassar. Saat ini perusahaan nasional yang sudah masuk Makassar antara lain Citra Land, Podomoro Grup, BSA, PT Oesman Sapta Oddang (OSO) dan Real Spring.

“Pertumbuhan perumahan 15 persen yang menjadi daya tarik investor luar bermain,” kata Wakil Ketua DPD REI Sulsel Bidang Pameran dan Promosi, Hary Mamun Yudah di Kantor DPD REI, Senin 18 Maret 2013.

Dia mengatakan penetrasi perumahan menengah atas memperlihat tren peningkatan. Asosiasi pengembang ini memberi kesempatan investor luar untuk bermain, agar memacu semangat pemain lokal untuk meningkatkan kualitas.

REI Sulsel memayungi 200 pengembang lokal, di mana 30 persen merupakan developer menengah keatas. Di 2013 ini REI menargetkan akan membangun 15.000 rumah dengan berbanding 60 persen rumah murah dan sisanya menengah atas dan mewah. “Dengan begitu pemain lokal bisa meningkatkan mutu bangunan agar mampu bersaing,” katanya.

Keberadaan pemain besar, menurut Hary, tidak akan mengancam pemain lokal. Tapi akan menguntungkan dalam hal pertumbuhan ekonomi Sulsel. Diprediksi tahun ini hingga tahun depan, Sulsel akan ramai dengan masuknya investor nasional.

Banyaknya pengembang nasional, telah mampu meningkatkan nilai penjualan rumah. Setiap pameran yang dilaksanakan, penjualan tumbuh 10 persen dengan nilai mencapai Rp 150 miliar melalui program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) disejumlah perbankan.

Pembangunan perumahan yang ditangani investor nasional juga menjadi perhatian dunia perbankan. Ketua Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Sulsel, Mahmud berharap REI mengatakan REI tetap mengedepankan pemenuhan rumah untuk masyarakat perpenghasilan rendah. “Program kerjasama dengan REI sudah cukup banyak. Masyarakat wajib memiliki tabungan untuk mendapatkan rumah,” katanya.

Sebelumnya Ketua DPD REI Sulsel, Raymond Arfandi menjelaskan, REI tetap berkomitmen memberikan kemudahan bagi masyarakat. Pengusaha akan membantu nasabah bank dalam mengakses ke lembaga keuangan perbankan. “REI bercita-cita mempercepat akses untuk masyarakat menengah kebawah yang belum bersentuhan langsung dengan perbankan,” ujar Raymond.

SULFAEDAR PAY

properti.tempo.co

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me