TAMANSARI JIVVA, Investasi Properti Rambah Bali Timur

Big Banner

Bisnis.com, KLUNGKUNG – Investasi properti Bali mulai merambah kawasan Bali Timur. Hal tersebut didukung dengan rencana pembangunan bandara di Karangasem serta pelabuhan kapal pesiar.

PT Wijaya Karya Realty (Wika Realty), anak usaha PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. ini cukup jeli melihat potensi yang ada di Bali Timur dan mengembangkan Tamansari Jivva yang merupakan proyek kondotel dan villatel di kawasan jalan raya Ida Bagus Mantra, Klungkung, Bali.

Budi Saddewa Soediro, Direktur Utama PT Wika Realty, mengatakan proyek ini merupakan hasil kerjasama Wika Realty dengan Dwa Investama (DW2) Properti yang dibangun dengan nilai investasi sekitar Rp350 miliar dan sudah masuk pada tahap penutupan atap (topping off).

“Tamansari Jivva ini kami rencanakan akan soft opening pada 16 Januari 2016. Harapan kami pada Agustus 2015 nanti pekerjaan fisik semuanya sudah selesai,” ungkapnya saat ditemui media di Klungkung, Sabtu (7/3/2015).

Dia menambahkan hasil penjualan properti ini sudah mencapai 60% yang dibeli oleh investor perorangan dan pihaknya optimis semua unit akan habis terjual saat proyek ini mulai beroperasi.

Tamansari Jivva dikembangkan di atas lahan seluas 1,4 hektar yang terdiri dari delapan unit villatel serta enam tower kondotel yang menghimpun sebanyak 214 unit kamar dengan status hak milik.

Untuk kondotel mempunyai empat pilihan yaitu tipe ananta, tipe Kalyana, tipe Badhra, dan tipe Daiva. Sedangkan untuk villatel hanya ada satu tipe yaitu tipe Somila. Harga yang ditawarkan pun beragam, mulai dari Rp1,3 miliar sampai dengan Rp6 miliar.

Kondotel Tamansari Jivva akan memberikan jaminan return on investment (ROI) sebesar 16% fixed selama 2 tahun pertama dengan konsep profit sharing. Konsumen juga akan mendapatkan bebas tinggal sebanyak 21 poin per tahun.

Budi menyatakan seluruh material yang digunakan dalam proyek ini berasal dari Bali dan akan membuat aksen etnik Bali semaksimal mungkin. “Nantinya tentu bangunan ini mayoritas bergaya Bali, kami bukan membawa budaya luar ke Bali,” cetusnya.

Lokasi Tamansari Jivva juga sangat strategis karena terletak di area depan pantai Lepang, Klungkung dan termasuk salah satu daerah yang ramai dikunjungi wisatawan. Selain pantai Lepang, Klungkung juga banyak menawarkan obyek wisata yang menarik seperti Taman Gili, Goa Lawah, Nusa Penida, dan Puri Agung Klungkung.

Bupati Klungkung I Wayan Suwirta mengatakan bahwa hal ini merupakan sebuah langkah maju karena selama ini sebagian besar wisatawan hanya mengenal Nusa Dua, Jimbaran, dan Kuta, namun Wika Realty cukup jeli melihat potensi yang ada di Klungkung.

“Di Klungkung daratan hanya baru ada hotel ini yang benar-benar disebut hotel,” paparnya di Klungkung, Sabtu (7/3).

Dia menambahkan tidak ada tendensi untuk mengobral Bali namun pihaknya berharap dengan dibangunnya fasilitas pariwisata ini dapat meningkatkan pendapatan asli daerah Klungkung. Di sisi lain pemerintah daerah Klungkung juga waspada dan selektif dalam memberikan izin pembangunan fasilitas pariwisata seperti hotel dan restoran.

“Kami juga berharap keluarga besar Tamansari Jivva ini memperhatikan kelestarian lingkungan sekitar dan berkoordinasi dengan masyarakat sekitar sehingga mereka tidak hanya sebagai penonton dirumah sendiri,” jelasnya.

Pemerintah Kab Klungkung memberikan ruang gerak yang seluas-luasnya kepada investor tapi harus tetap menjaga tempat suci, memahami, serta tidak melanggar peraturan yang telah diterapkan.

Perizinan juga terbuka luas bagi siapapun. Pihaknya juga mengharapkan jika ada persaingan silahkan berkompetisi dengan sehat sesuai dengan titik-titik yang telah ditentukan dan masyarakat Lepang juga dapat diikut sertakan menjadi bagian Tamansari Jivva. Ke depannya pihaknya berharap orang Klungkung menjadi tuan di rumahnya sendiri.

“Kami juga mengharapkan sosialisasi menyangkut tenaga kerja mohon dilaksanakan baik bagi masyarakat Lepang sendiri. Sehingga nantinya masyarakat kami bisa mempersiapkan diri dengan baik agar dapat bekerja di tempat ini,” pungkasnya.

properti.bisnis.com