Rusun Tambora akan Diperbarui

Big Banner

Jakarta- Rumah Susun Sewa Tambora rencananya akan diperbarui mulai Mei 2013. Bangunan yang saat ini terdiri dari empat blok akan dirubuhkan dan digantikan dengan menara 16 lantai.

Kepala Bidang Perencanaan Teknis Dinas Perumahan, Triyanto mengatakan pembangunan akan berlangsung selama 17 bulan, mulai Agustus 2013 hingga Oktober 2014. Pembaruan tersebut dilakukan karena kondisi rusun yang sudah berusia 30 tahun saat ini sudah tak layak.

Satu unit rusun saat ini hanya berukuran 18 meter persegi. Nantinya unit rusun yang baru akan bertipe 30. “Setiap unit akan mempunyai dua kamar tidur, dapur, kamar mandi, dan balkon,” katanya ketika dihubungi, Kamis, 21 Maret 2013.

Kemarin, Rabu, 20 Maret 2013 malam, pihaknya telah melakukan sosialisasi dengan warga penghuni rusun. “Pendataan warga asli rusun akan dilakukan mulai Maret ini agar tetap erhak mendapatkan rusun setelah pembangunan rampung,” ujar Triyanto.

Rencananya bangunan akan mulai dirobohkan pada bulan Mei, Juni, dan Juli 2013. Empat blok rusun yang akan dirobohkan kini terdiri atas 470 unit. Nantinya kapasitas rusun akan bertambah menjadi 549 unit.

Menurut dia, proyek pembangunan ini akan menelan biaya Rp 236 miliar. Dananya berasal dari APBD DKI tahun 2013 dan 2014.
Rusun baru nantinya akan dilengkapi dengan PAUD, balai kesehatan, ruang serbaguna, tempat parkir, taman, dan kios-kios usaha.

ANGGRITA DESYANI

properti.tempo.co

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me