Pengembang Akui Tak Mudah Capai Target 1 juta Rumah

Big Banner

JAKARTA – Pemerintahan Jokowi-JK menjanjikan pembangunan 1 juta rumah bagi masyarakat Indonesia. Program ini dijadwalkan bakal dibangun pada April 2015 mendatang.

Ketua Umum DPP Real Estat Indonesia (REI) Eddy Hussy mengatakan, pembangunan program 1 juta rumah ini memang tidak mudah. Karena selama ini berdasarkan pengalaman sebelumnya, dimana rumah yang berhasil dibangun hanya mencapai 400 ribu unit.

“Memang tidak gampang. Karena kita ketahui selama ini info yang kita dapat hanya mampu membangun 400 ribu rumah murah atau komersil. Tapi kita tidak pesimistis juga ini tidak bisa tercapai. Ini tugas mulia,” kata dia yang dikutip dari keterangan resminya, Senin (9/3/2015).

Meski demikian, lanjut Eddy, target ini bisa tercapai jika semua pihak memberikan dukungannya. Dukungan tersebut bisa dalam bentuk permasalahan lahan, pembiayaan, suku bunga, infrastruktur, hingga masalah perizinan.

“Anggota REI di daerah siap membangun dengan lahan yang mereka miliki. REI punya 70 hingga 80 persen anggota yang beegerak di sektor MBR. Justru mereka yang banyak membangun rumah murah ini tapi juga memiliki keterbatasan kemampuan ekonomi,” kata dia.

Dirinya berharap, pada saat ground breaking proyek 1 juta rumah ini semua stakeholder terkait bisa sepaham. Dirinya juga meminta pemerintah nanti harus kontinyu dan tidak hanya semangat di awal-awal program.

“Pemerintah harus realistis, karena program ini tidak mungkin diselesaikan pada 2015 saja. Ketika ada keseriusan dan kontinuitas, tahun berikutnya akan lebih gampang untuk menyelesaikan kebutuhan rumah,” tutup dia.

(mfa)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me