Pemerintah Siapkan Rp 600 Miliar Bangun Rusun

Big Banner

JAKARTA – Kementerian Perumahan Rakyat telah menggelontorkan dana sebesar Rp 600 miliar untuk membuat rumah susun di Jakarta. Pembangunan rumah susun ditargetkan rampung pada 2014.

“Anggarannya kami buat multiyears, selama dua tahun dimulai tahun ini. Pokoknya 2014 selesai,” ujar Menteri Perumahan Rakyat, Djan Faridz, di Balai Kota Jakarta, Kamis 21 Maret 2013.

Dia mengatakan, pembangunan akan menunggu kesiapan lahan. Sekarang, kementerian bersama Pemerintah Jakarta sudah mulai menyiapkan desain untuk rumah susun.

Nantinya, ujar Djan, pembangunan akan terjadi di bantaran sungai. Hal ini, menurutnya, tidak berbenturan dengan aturan. Karena bangunan nantinya akan berada di atas pasar yang sudah tersedia.

“Bangunannya di Pasar Rumput, bekas dinas-dinas di Jatinegara, dan satu lagi di Pasar Minggu,” kata dia.

Konsep bangunan selain berada di atas pasar, ujar Djan, juga nantinya lingkungan akan dilengkapi terminal bus, fasilitas umum seperti sekolah dan klinik, kemudian fasilitas khusus. Baru nantinya di atas akan ada bangunan apartemen. “Tinggi lantai beragam. Ada lantai 24 sampai lantai 30,” Djan menjelaskan.

Gubernur DKI, Joko Widodo, mengatakan, lahan pasar seperti yang disebutkan Djan Faridz sudah siap untuk digunakan dan dijadikan apartemen di bawah pasar. “Pasar Rumput milik kami, Kasudin juga milik kami,” kata Jokowi.

Namun, pembangunan memang masih menunggu perizinan yang masih diproses sampai sekarang. “Targetnya bulan ini bisa selesai perizinannya,” kata Jokowi.

Seperti halnya target yang disampaikan Djan, Jokowi pun ingin proyek pembangunan rumah susun di atas pasar ini bisa dirampungkan tahun depan. “Ya itu kerja cepat-cepatan lah,” ujar dia.

SUTJI DECILYA

properti.tempo.co

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me