Dorong Pertumbuhan Pasar Keramik, Keramika 2015 Digelar Pekan Depan

Big Banner

JAKARTA, KOMPAS.com – Menurut catatan Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki), Indonesia menempati peringkat lima besar dalam hal produksi keramik bersama dengan Brasil, India, dan Tiongkok.

Untuk membuat industri keramik Indonesia semakin berjaya di ranah internasional, Asaki gelar pameran yang dihadiri ratusan pelaku usaha dari industri keramik dan pendukungnya dalam acara bertajuk “Keramika 2015”. Acara ini diselenggarakan pada 19-22 Maret 2015, di Jakarta Convention Center.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk mempromosikan industri keramik Indonesia di pasar lokal dan mancangera. Dalam pameran ini, publik dapat langsung melihat perkembangan industri keramik mulai dari mutu, teknologi, maupun desain.

“Keramika berperan penting dalam menunjang pertumbuhan industri keramik Indonesia. Keramika merupakan panggung utama bagi seluruh produsen keramik di Indonesia untuk mempromosikan produk terbaik mereka,” ujar Sekretaris Jenderal Asaki Erlin Tanoyo saat jumpa pers di Hotel Mulia, Jakarta Selatan, Kamis (13/3/2015).

Memasuki tahun ke-4 penyelenggarannya, Keramika didukung oleh pelaku usaha maupun pasar. Hal ini terlihat dari besarnya minat para pelaku usaha untuk menampilkan produk terbaiknya. Sebagai jendela industri, produsen keramik nasional dan luar negeri dapat melihat potensi dan peluang bertukar informasi mengenai perkembangan industri keramik.

Ketua Pelaksana Keramika 2015, Mulyadi Toha menuturkan, Keramika 2015 diharapkan berdampak positif bagi industri keramik Indonesia di luar negeri. “Acara ini juga diikuti oleh para industri pendukung dari luar negeri, yaitu Italia, Tiongkok, dan Spanyol. Banyak tenaga ahli terbaik dari luar negeri sudah menjadwalkan kedatangan ke Keramika,” kata Mulyadi.

Keramika 2015 dilengkapi beberapa acara pendukung antara lain Keramika Forum, presentasi produk, dan lomba desain keramik. Keramika Forum khususnya, adalah program diskusi yang membahas mengenai solusi teknologi hemat energi, perkembangan desain, proses distribusi dan logistik dari industri keramik.

Tahun lalu, acara ini dikunjungi lebih dari 26.000 orang, yang terdiri dari para pelaku industri dan masyarakat profesional, seperti arsitek, teknisi, pengembang, dan pemilik rumah. Tahun ini, penyelenggara menargetkan 30.000 kunjungan Keramika.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me